Huawei Rilis Harmony OS 2.0 Versi Beta untuk Ponsel

0
584

Huawei resmi meluncurkan sistem operasi Harmony 2.0 versi beta versi ponsel untuk pengembang. Peluncuran sistem operasi ini diharapkan bisa dikomersialisasi setelah dikembangkan dan dalam waktu dekat diharapkan akan muncul versi smart TV.

Huawei mengatakan Harmony OS adalah sistem operasi terdistribusi skenario penuh untuk era Internet of Things (IoT). Perusahaan berharap dapat bekerja sama dengan mitra dan pengembang untuk menciptakan pengalaman terminal super untuk era IoT.

Melansir Giz China, Huawei juga membagikan konsep desain Harmony OS 2.0. Sistem ini diklaim menghadirkan pengalaman terminal super full-scene yang inovatif dan dilengkapi dengan kerangka kerja aplikasi yang didistribusikan dengan lebih baik.

Platform satu atap DevEco Studio 2.0 pada Harmony 2.0 disebut dapat memberikan perubahan dan peningkatan yang signifikan. Pada sistem ini, pengembang memiliki akses ke simulator seluler, serta komunikasi tatap muka dengan pakar teknis Harmony.

Sejauh ini, Harmony OS 2.0 beta tersedia untuk Huawei P40, P40 Pro, Mate 30, Mate 30 Pro, serta MatePad Pro. Selain itu, sistem operasi itu ternyata mendukung peningkatan OTA serta aplikasi Android.

Dukungan Harmony OS untuk aplikasi Android akan membuat sistem ini jauh lebih mudah digunakan. Sehingga, Harmony OS saat ini masih berada pada lapisan bawah sistem atau dengan kata lain Android + EMUI pada ponsel Huawei sekarang digantikan oleh Harmony OS 2.0 + EMUI.

Melansir Tech Crunch, pengembang yang tertarik dapat mendaftar melalui situs web pengembang Huawei.

Harmony OS 2.0 beta terlihat sangat mirip dengan EMUI 11, menampilkan ikon yang sama dan layar multitasking berbasis kartu.

Huawei mengklaim bahwa lebih dari 10.000 pengembang telah bergabung dengan ekosistem Harmony OS.

Sumber : CNN [dot] COM