Penyebab Suara Berisik Mengganggu pada Mesin Mobil

0
669

Apa sih yang membuat mesin mobil itu berisik ? Pernah ga sih, lagi bawa mobil tiba tiba suaranya itu kaya “kletek – kletek” di bagian mesin ?

Bagi teman – teman UG yang berpergian membawa mobil pribadi pernah ga sih mobil di bawa jalan di bagian mesin ada suara “kletek – kletek” muncul atau suara berisik tidak seperti biasanya ? Teman – teman UG harus tahu nih, apa permasalahannya.

Hal ini bisa dari berbagai macam penyebab, salah satu penyebabnya adalah karena ada laher yang sudah mulai usang.

Laher yang berputar ini juga ada banyak macam, antara lain adalah lager setelan v-belt. V-belt sering disebut fan belt, ini adalah istilah dulu karena belt tersebut memutar fan radiator, jaman sekarang fan radiator berputar dengan dinamo bukan diputar mesin, sedangkan v-belt yang setelah dipasang berbentuk huruf V, memutar komponen-komponen lain seperti water pump, AC, power steeringdinamo ampere).

Laher lain yang bisa bunyi berisik adalah laher pada kompresor AC, tensioner, atau idle timing chain.

Masih banyak penyebab bunyi berisik lain dari area mesin seperti pulley kruk as yang sudah usang karetnya atau suara dari jeroan mesin sendiri seperti hydraulic valve adjusterpen piston, metal, dan lainnya.

Agar lebih jelas dari mana suara kasar mesin berasal sebaiknya diperiksa langsung oleh mekanik. Jangan pernah permasalahan ini dibiarkan begitu saja. karna lama kelamaan laher yg usang bisa patah lalu menggores dan merusak rumah mesinnya.

Sumber : CNN [dot] COM