China Mengumumkan Sanksi Terhadap Anggota Parlemen AS Atas Masalah Uighur

0
561

China telah menjatuhkan sanksi kepada tiga anggota parlemen AS sebagai pembalasan atas sanksi administrasi Trump yang dijatuhkan atas perlakuan Beijing terhadap Muslim Uighur di provinsi Xinjiang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengumumkan sanksi Senin terhadap Senator Republik Ted Cruz dan Marco Rubio, dan Perwakilan Republik Chris Smith.

Hua juga mengatakan sanksi telah dijatuhkan terhadap Sam Brownback, duta besar AS untuk Kebebasan Beragama Internasional, dan Komite Eksekutif Kongres untuk China, sebuah panel gabungan Kongres-Gedung Putih yang dibentuk untuk “memantau hak asasi manusia dan perkembangan negara. supremasi hukum ”di China. Rubio adalah ketua bersama dari panel Republik, dan Smith adalah anggota peringkat dan mantan ketua bersama komite.

“Sanksi yang sesuai” diumumkan beberapa hari setelah pemerintahan Trump menjatuhkan sanksi keuangan terhadap beberapa pejabat tinggi China, termasuk Chen Quanguo, ketua Partai Komunis China di Xinjiang.

Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang bulan lalu yang memungkinkan sanksi dijatuhkan atas penahanan massal sebanyak 1 juta etnis Muslim Uighur dan minoritas Muslim lainnya di provinsi Xinjiang.

Hubungan antara ekonomi terbesar dunia telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir karena sejumlah masalah, termasuk masalah perdagangan dan hak asasi manusia yang melibatkan Hong Kong dan Taiwan, serta Xinjiang.