Teknologi Pengenalan Wajah Alibaba Secara Khusus Memilih Minoritas Uighur

0
534

Raksasa teknologi Alibaba Group Holding Ltd. memiliki teknologi pengenalan wajah yang secara khusus dapat memilih anggota minoritas Uighur China, kata peneliti industri pengawasan IPVM dalam sebuah laporan.

Alibaba sendiri mengatakan kecewa dengan unit yang mengembangkan perangkat lunak yang dapat menandai etnis dalam video, dan bahwa fitur itu tidak pernah dimaksudkan untuk disebarkan ke pelanggan.

Laporan itu muncul ketika kelompok hak asasi manusia menuduh China memaksa lebih dari 1 juta Muslim Uighur ke kamp kerja paksa di wilayah Xinjiang dan memanggil perusahaan yang dicurigai terlibat.

China telah berulang kali membantah memaksa siapa pun ke tempat yang disebutnya pusat pelatihan kejuruan dan juga mengatakan Xinjiang berada di bawah ancaman dari militan Islam.

Namun, kepekaan telah mendorong kehati-hatian di antara perusahaan internet China yang sering melakukan swasensor untuk menghindari bertentangan dengan pemerintah yang secara ketat mengontrol pidato online dan bulan lalu menerbitkan rancangan aturan untuk siaran langsung polisi.

Laporkan temuan

IPVM yang berbasis di AS dalam sebuah laporan yang diterbitkan Rabu mengatakan perangkat lunak yang mampu mengidentifikasi orang Uighur muncul di layanan moderasi konten Cloud Shield Alibaba untuk situs web.

Alibaba menggambarkan Cloud Shield sebagai sistem yang “mendeteksi dan mengenali teks, gambar, video, dan suara yang mengandung pornografi, politik, terorisme kekerasan, iklan dan spam, dan menyediakan verifikasi, penandaan, konfigurasi khusus, dan kemampuan lainnya.”

Rekaman teknologi yang diarsipkan menunjukkan bahwa ia dapat melakukan tugas-tugas seperti “pemeriksaan kacamata”, “deteksi senyuman”, apakah subjeknya “etnis” dan, khususnya, “Apakah orang Uighur?”

Akibatnya, jika seorang Uighur melakukan streaming langsung video di situs web yang mendaftar ke Cloud Shield, perangkat lunak tersebut dapat mendeteksi bahwa pengguna tersebut adalah orang Uighur dan menandai video tersebut untuk ditinjau atau dihapus, kata peneliti IPVM Charles Rollet kepada Reuters.

IPVM mengatakan penyebutan orang Uighur dalam perangkat lunak itu menghilang saat laporannya dipublikasikan.

Tanggapan Alibaba

Alibaba dalam sebuah pernyataan mengatakan kecewa karena Alibaba Cloud mengembangkan perangkat lunak pengenalan wajah yang memasukkan etnisitas sebagai atribut untuk menandai citra video, dan tidak pernah bermaksud perangkat lunak tersebut digunakan dengan cara ini. Fiturnya adalah teknologi uji coba yang tidak ditujukan untuk pelanggan.

Alibaba tidak menyebut orang Uighur dalam pernyataannya.

“Kami telah menghilangkan semua label etnis dalam penawaran produk kami,” kata juru bicara Alibaba kepada Reuters.

Alibaba terdaftar di bursa saham New York dan Hong Kong. Ini adalah vendor komputasi awan terbesar di Cina dan terbesar keempat di dunia, menurut data dari peneliti Canalys.

Awal bulan ini, anggota parlemen AS mengirim surat ke Intel Corp dan Nvidia Corp. menyusul laporan tentang penggunaan chip komputer mereka dalam pengawasan warga Uighur.