Mahkamah Agung AS Memutuskan Mendukung Facebook Dalam Kasus Tentang SMS Yang Tidak Diinginkan

0
432

Mahkamah Agung AS pada hari Kamis membatalkan gugatan yang menuduh Facebook Inc. melanggar undang-undang anti-robocall federal.

Para hakim, dalam keputusan 9-0 yang dibuat oleh Hakim Sonia Sotomayor, memihak Facebook dalam argumennya bahwa pesan teks yang dikirim perusahaan media sosial tidak melanggar undang-undang federal tahun 1991 yang disebut Undang-Undang Perlindungan Konsumen Telepon (TCPA).

Kasus ini menyoroti tantangan bagi para hakim dalam menerapkan undang-undang yang sudah ketinggalan zaman ke teknologi modern. Putusan itu memicu seruan kepada Kongres untuk memperbarui undang-undang, yang diberlakukan tiga dekade lalu untuk mengekang penyalahgunaan telemarketing dengan melarang sebagian besar robocall yang tidak sah.

“Dengan mempersempit ruang lingkup TCPA, pengadilan mengizinkan perusahaan untuk menyerang publik dengan gelombang telepon dan teks yang tidak diinginkan tanpa henti, sepanjang waktu,” kata Senator Demokrat Edward Markey dan Perwakilan Demokrat Anna Eshoo dalam pernyataan bersama.

Pengadilan memutuskan bahwa tindakan Facebook – mengirim pesan teks tanpa persetujuan – tidak sesuai dengan definisi teknis dari jenis perilaku yang dilarang oleh undang-undang, yang diberlakukan sebelum munculnya teknologi ponsel modern.

Gugatan itu diajukan pada 2015 di pengadilan federal California oleh penduduk Montana Noah Duguid, yang mengatakan Facebook mengiriminya banyak pesan teks otomatis tanpa persetujuannya. Gugatan tersebut menuduh Facebook yang berbasis di Menlo Park, California melanggar pembatasan TCPA dalam menggunakan sistem panggilan telepon otomatis.

Facebook mengatakan pesan terkait keamanan, yang dipicu ketika pengguna mencoba masuk ke akun mereka dari perangkat baru atau browser internet, dikaitkan dengan nomor ponsel pengguna.

“Seperti yang diakui pengadilan, ketentuan undang-undang tidak pernah dimaksudkan untuk melarang perusahaan mengirimkan pemberitahuan keamanan yang ditargetkan, dan keputusan pengadilan akan memungkinkan perusahaan untuk terus bekerja untuk menjaga keamanan akun penggunanya,” kata Facebook dalam sebuah pernyataan.

‘Putusan yang mengecewakan’

Sergei Lemberg, pengacara Duguid, mengatakan siapa pun dapat menghindari tanggung jawab berdasarkan hukum jika mereka menggunakan teknologi seperti milik Facebook.

“Ini adalah keputusan yang mengecewakan bagi siapa pun yang memiliki ponsel atau menghargai privasi mereka,” Lemberg menambahkan.

Dalam kasus ini, gugatan tersebut menegaskan bahwa sistem Facebook yang mengirim pesan teks otomatis mirip dengan sistem panggilan otomatis tradisional – yang dikenal sebagai pemanggil otomatis – yang digunakan untuk mengirim robocall.

“Pertengkaran Duguid adalah dengan Kongres, yang tidak mendefinisikan autodialer sebaik yang diinginkannya,” tulis Sotomayor dalam keputusan itu.

Undang-undang mensyaratkan bahwa peralatan yang digunakan harus menggunakan “generator nomor acak atau berurutan,” tetapi pengadilan menyimpulkan bahwa sistem Facebook “tidak menggunakan teknologi seperti itu,” tambah Sotomayor.

Duguid mengatakan, Facebook berulang kali mengirimkan notifikasi login akun melalui SMS ke ponselnya, padahal dia bukan pengguna Facebook dan tidak pernah. Meskipun banyak upaya, Duguid mengatakan dia tidak dapat menghentikan Facebook dari “robotexting” -nya.

Facebook menjawab bahwa Duguid kemungkinan besar telah diberi nomor telepon yang sebelumnya dikaitkan dengan pengguna Facebook yang memilih untuk menerima notifikasi.

Seorang hakim federal membatalkan gugatan tersebut, tetapi pada 2019, Pengadilan Banding Sirkuit AS ke-9 yang berbasis di San Francisco menghidupkannya kembali. Sirkuit ke-9 mengambil pandangan luas tentang hukum, dengan mengatakan itu melarang perangkat yang secara otomatis memanggil tidak hanya nomor yang dibuat secara acak tetapi juga nomor yang disimpan yang tidak dibuat secara acak.

Asosiasi Serikat Kredit yang Diasuransikan secara Federal mengatakan keputusan “untuk secara sempit menafsirkan autodialer adalah kemenangan bagi industri serikat kredit.”

“Kami telah lama memperjuangkan kejelasan ini untuk memastikan credit union dapat menghubungi anggotanya dengan informasi keuangan penting dan sensitif waktu tanpa takut melanggar TCPA dan menghadapi tuntutan hukum yang sembrono,” kata asosiasi itu dalam sebuah pernyataan.