Youtube uji coba fitur belanja Langsung

0
497

Google dilaporkan tengah menguji coba fitur baru yang hadir di YouTube. Lewat fitur baru ini, penonton YouTube dapat langsung membeli barang yang ditawarkan kanal favorit mereka.

Dikutip dari Engadget, Minggu (17/1), uji coba ini baru dilakukan pada sejumlah kreator konten. Jadi, para kreator tersebut nantinya dapat memajang sejumlah produk di video YouTube mereka.

Lalu para penonton produk tersebut dan tertarik dapat langsung mengklik tombol kantong belanja sisi kiri bawah layar untuk melihat informasi lebih lanjut.

Lewat tautan itu pula, penonton dapat menonton video lain mengenai barang itu termasuk opsi melakukan pembelian. Hanya untuk sekarang, fitur ini baru tersedia bagi pengguna YouTube di Amerika Serikat.

Daya Tarik Penonton

Meski baru sebatas uji coba, fitur ini sebenarnya bisa menjadi salah satu cara untuk menarik lebih banyak penonton sekaligus cara perusahaan tersebut untuk mendapatkan pemasukan.

Kehadiran fitur ini sebenarnya sempat diungkap laporan Bloomberg pada Oktober 2020. Ketika itu, Google diketahui sedang merancang cara yang memungkinkan penjualan langsung terjadi lewat YouTube.

Cara serupa juga dilakukan sejumlah platform media sosial lain, seperti Instagram dan Facebook yang kini bahkan memiliki fitur khusus untuk berbelanja. Karenanya, uji coba fitur semacam ini tidak begitu mengagetkan.