ByteDance Menyetujui Penyelesaian Privasi $92 Juta dengan Pengguna TikTok AS

0
449

ByteDance telah menyetujui penyelesaian gugatan kelompok senilai $ 92 juta atas klaim privasi data dari beberapa pengguna TikTok A.S., menurut dokumen yang diajukan pada hari Kamis di Pengadilan Distrik A.S. di Illinois.

ByteDance, perusahaan China yang memiliki aplikasi video pendek yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna AS, menyetujui penyelesaian setelah lebih dari satu tahun proses pengadilan.

“Meskipun kami tidak setuju dengan pernyataan tersebut, daripada melalui proses pengadilan yang panjang, kami ingin memfokuskan upaya kami untuk membangun pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi komunitas TikTok,” kata TikTok, Kamis. Penyelesaian masih membutuhkan persetujuan pengadilan.

Tuntutan hukum tersebut mengklaim aplikasi TikTok “menyusup ke perangkat penggunanya dan mengekstrak beragam data pribadi termasuk data biometrik dan konten yang digunakan terdakwa untuk melacak dan membuat profil pengguna TikTok untuk tujuan, antara lain, penargetan iklan dan keuntungan.”

Penyelesaian itu dicapai setelah “pandangan orang dalam yang dipimpin ahli pada kode sumber TikTok” dan upaya mediasi yang ekstensif, menurut mosi yang meminta persetujuan penyelesaian tersebut.

Secara terpisah, di Washington, Komisi Perdagangan Federal dan Departemen Kehakiman AS sedang menyelidiki tuduhan bahwa TikTok gagal memenuhi perjanjian 2019 yang bertujuan melindungi privasi anak-anak.