Netizen mendadak ramai mengeluhkan layanan Googlebanyak yang tidak dapat diakses, dari Gmail, YouTube, Gdrive sampai Gmeet. Sempat terjadi kebingungan di kalangan pengakses internet tentang apakah jaringan IndiHome yang bermasalah atau Google down.

Mungkin karena banyak yang memakai IndiHome sehingga ada yang menarik kesimpulan jaringan penyedia layanan internet milik Telkom itu yang bermasalah. “Layanan google down di jaringan Indihome down?” sebut seorang netizen.

“Gw bingung antara Google yg down atau Indihome yang lemot,” Namun kemudian netizen mulai menyadari layanan Google yang bermasalah.

“Aku udah maki maki indihome, ternyata yg down emang server nya google,” “IndiHome aku aman2 aja, yang down google and timnya nih,”

Pihak IndiHome juga memberikan penjelasannya. “Apakah koneksi lambat dirasakan saat mengakses Youtube/Google Kak ? jika benar, Zefa informasikan saat ini sedang terjadi down dari Google (Youtube, Gmail, Hoogle, dll) yang menyebabkan tidak bisa akses YouTube menggunakan semua ISP (Baik itu IndiHome atau jaringan Internet yang lain). Terima kasih,” tulis mereka.

Layanan Google down diperkuat oleh laporan dari DownDetector, situs yang biasa mengumumkan terjadinya masalah di situs populer.

Situs Down Detector melacak cukup banyak laporan dari berbagai negara soal layanan Google bermasalah. Tampak netizen dari Indonesia, Malaysia dan Singapura mengeluhkannya seperti terlihat dalam peta ini.

Saat ini, layanan Google masih terpantau bermasalah bagi sebagian netizen. Belum diketahui apakah yang menjadi penyebab Google down, mungkin terkait server. Pihak Google belum memberikan penjelasan. Sebelumnya, layanan Google juga pernah mengalami persoalan seperti ini.