Cara Lihat, Download dan Cetak Sertifikat Vaksin yang Hilang

0
553

Masyarakat dapat memperoleh kembali sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk kertas dengan ‘membuatnya’ sendiri jika yang lama hilang atau rusak kala PPKM darurat saat ini. Kita hanya tinggal mengunduh dan mencetak ulang sertifikat tersebut melalui situs serta aplikasi Pedulilindungi.id.

Untuk diketahui bila sertifikat vaksin merupakan tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Sertifikat ini dapat menunjukkan apakah seseorang belum di vaksin, sudah mendapat suntikan pertama, atau sudah selesai semua tahap vaksinasi hingga suntikan kedua.

Apapun vaksin yang Anda gunakan seperti Sinovac, AstraZeneca, atau Sinopharm, sertifikat pasti akan diperoleh usai divaksin.

Selain menjadi tanda bukti vaksinasi, pada sertifikat juga tertera keterangan nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikasi vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, disertai kode QR.

Lantaran berisi sejumlah informasi pribadi seperti nomor NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau masyarakat yang telah menjalani Vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kedua untuk melindungi data pribadi dengan tidak menyebarluaskan sertifikat digital tersebut.

Berikut cara memperoleh sertifikat vaksin yang hilang:

Download sertifikat vaksin Covid-19 lewat SMS

Setelah melakukan vaksinasi, pengguna akan mendapat SMS berisi tautan ke sertifikat vaksin yang ada di laman pedulilindungi.

Tiap selesai melakukan vaksinasi Covid-19, pengguna akan mendapatkan SMS itu. Sehingga, jika sudah selesai melakukan vaksinasi sebanyak dua kali, Anda akan mendapat dua SMS.

Untuk mengecek sertifikat vaksin Covid-19, klik tautan yang ada pada SMS untuk memunculkan sertifikat.

Untuk mengunduh dan mencetak sertifikat lakukan hal berikut:

 

1. Klik menu berupa titik tiga di kanan atas smartphone pada peramban Chrome, pilih tanda panah ke bawah di bagian paling atas panel bersebelahan dengan tanda bintang dan huruf i. File png pun akan terunduh, klik open untuk membuka file.
2. Cara mudah untuk menyimpan sertifikat tentu dengan menangkap layar (screenshot).
3. Untuk mencetak sertifikat klik menu, lantas pilih Share pada bagian dropdown menu, lantas pilih print pada kotak pilihan lain yang muncul.

Sertifikat vaksin online juga bisa didapat lewat situs web resmi PeduliLindungi dihttps://pedulilindungi.id/dengan cara berikut:

1. Klik Login/ Register di sudut kanan atas situs.
2. Jika sudah memiliki akun, klik Login sekarang. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun PeduliLindungi.
3. Masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.
4. Jika sudah login, klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas
5. Lantas pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu “Sertifikat Vaksin”, lantas Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.
6. Anda bisa download sertifikat vaksin tersebut dengan klik “Unduh Sertifikat”

Untuk mencetak, file unduhan yang ada di Galeri ponsel bisa dikirm via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang terhubung dengan printer.

 

Beberapa syarat menampilkan sertifikat vaksin lewat situs:

1. Untuk dapat menampilkan sertifikat vaksin di situs ini, Anda harus login terlebih dulu. Sebab, jika Anda langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal situs ini tanpa login, data yang ditampilkan tidak akurat. Misal, Anda hanya tertulis sudah melakukan satu kali vaksin, padahal sudah selesai dua kali. Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.
2. Sebaiknya, login dulu nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke SMS nomor ponsel. Sebab jika salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Sertifikat vaksin juga bisa dilihat lewat aplikasi PeduliLindungi yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS.

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi melalui Google Playstore maupun Apple Appstore.
2. Login dengan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan vaksinasi.
3. Masuk ke akun PeduliLindungi Anda dengan kode OTP SMS yang dikirim ke nomor ponsel.
4. Klik ikon akun yang terletak di pojok kanan atas aplikasi PeduliLindungi, lalu pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin. Informasi vaksinasi Anda pun akan ditampilkan.
5. Klik “Unduh Sertifikat” untuk mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut.

Untuk mencetak kembali sertifikat vaksin Covid-19 lewat aplikasi, bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

Sumber : CNN [dot] COM