Platform perpesanan instan Telegram yang berhasil menjadi aplikasi non-game yang paling banyak diunduh pada Januari 2021 ini memiliki 7 fitur keamanan.

Menurut Sensor Tower, aplikasi buatan Pavel Durov ini menghasilkan 63 juta unduhan pada Januari 2021. Telegram menawarkan berbagai fitur di antaranya berfokus untuk membuat pengguna Telegram merasa lebih aman dan mengendalikan privasi aplikasi.

Mengutip Indian Express, berikut 7 fitur privasi Telegram untuk menunjang keamanan pengguna:

1. Look Chat

Telegram memungkinkan Anda untuk mengunci obrolan. Look Chat ini dapat dilakukan dengan memberi entri PIN atau bahkan melalui sensor sidik jari ponsel. Untuk mengaktifkan look chat dapat dilakukan dengan cara Sentuh Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID.

Dengan begitu, pesan pengguna secara otomatis akan terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit. Selain itu, pengguna juga bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini saat diinginkan.

2. Secret Chat

Fitur secret chat merupakan fitur yang tidak asing diterapkan oleh sederet aplikasi perpesanan. Fitur ini sama halnya dengan end-to-end encrypted yang juga digunakan WhatsApp atau Signal.

Singkatnya secret chat merupakan fitur yang membuat tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat isi pesan obrolan, termasuk pihak Telegram. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup klik kontak orang yang ingin dikirimi pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

3. Verifikasi Dua Langkah

Banyak aplikasi kini mulai membuat two-step verification atau two-factor authorisation tersedia untuk privasi tambahan, begitu juga Telegram. Jika diaktifkan, fitur ini akan meminta pengguna untuk memasukkan kata sandi setiap kali Anda masuk ke Telegram dari perangkat baru atau lama.

Fitur keamanan Telegram ini bertujuan untuk melindungi akun Anda dari pencurian identitas jika seseorang mengetahui kata sandi Anda, karena mereka masih memerlukan kata sandi kedua untuk masuk.

Untuk mengaktifkan ini dapat memilih Pengaturan- Privasi dan Keamanan- lalu pilih two-step verification.

4. Server Proksi Telegram

Telegram juga mendukung server proxy. Fitur ini memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP dengan menghubungkan ke server proxy khusus. Fitur ini berfungsi mirip dengan cara koneksi VPN, tetapi ini merupakan fitur yang harus Anda gunakan jika dibutuhkan saja.
Meskipun proxy tidak seaman koneksi VPN, proxy memiliki keuntungan karena tidak mengganggu kecepatan internet Anda. Untuk mengatur server proxy, pengguna dapat menavigasi ke Pengaturan- lalu ke menu Data dan Penyimpanan- kemudian pilih Pengaturan Proxy.

5. Hapus Pesan Pengirim

Telegram memungkinkan pengguna untuk menghapus tidak hanya pesan mereka sendiri, tetapi juga yang dikirim oleh orang lain dalam ruang obrolan pribadi. Ini juga bisa ideal jika perangkat satu pihak dicuri dan Anda ingin menghapus segala jenis pesan rahasia dari obrolan.

Untuk menghapus pesan pengirim, cukup tekan lama pada pesan obrolan apa pun dan tekan ikon hapus di atas, mirip dengan cara menghapus pesan Anda sendiri. Tidak seperti WhatsApp, tidak ada batasan waktu untuk menghapus pesan pada ruang obrolan di Telegram, dan Anda juga dapat menghapus pesan yang sudah lama.

6. Kontrol Invite Group

Telegram memberikan penggunanya kontrol untuk menambahkan ke grup, dan memungkinkan mengatur izin untuk menambahkan akun Anda ke grup. Hal ini berfungsi untuk mencegah orang asing dan kontak yang mengganggu secara tiba-tiba menambahkan Anda ke grup tanpa seizin pengguna.

Anda dapat mengatur ini dengan menuju ke Pengaturan- pilih Privasi dan Keamanan- lalu pilih Grup.

7. Cek akun aktif di berbagai perangkat

Telegram memberik dukungan multi-perangkat, yang berarti Anda dapat membuka akun Telegram yang sama di berbagai perangkat secara bersamaan. Namun demikian terkadang penggunalupa bahwa akun itu masuk ke beberapa ponsel atau laptop dan itu dapat disalahgunakan.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, Anda dapat melihat semua perangkat yang masuk akun Telegram Anda.

Untuk melakukannya fitur keamanan Telegram ini dapat dilakukan dengan buka Pengaturan- pilih Privasi dan Keamanan- pilih Sesi Aktif. Jika Anda melihat status aktifasi akun dan ingin Anda akhiri, cukup klik ‘Hentikan’ untuk mengakhirinya, menurut laporan Kaspersky.