Bersiap ke Inggris Tanpa Karantina, Cek Syarat Vaksin & Visa

0
418

Warga Negara Indonesia yang kunjungannya ke Inggris tertunda selama pandemi virus corona nampaknya bakal menemukan titik cerah pada bulan Oktober ini.

Mengutip REUTERS pada Sabtu (2/10), The Sunday Telegraph menulis bahwa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berencana menerima lebih banyak negara untuk perjalanan bebas karantina hotel selama sepuluh hari, termasuk Indonesia.

Negara-negara yang masuk dalam “Daftar Merah” Inggris nantinya akan dipangkas dari 54 menjadi sembilan.

The Sunday Telegraph lanjut menulis, perubahan aturan tersebut kabarnya bakal diumumkan secara resmi pada Kamis (7/10).

VFS Global, tempat pengurusan visa Inggris di Indonesia, hingga Senin (4/10) masih menulis kalau warga negara Indonesia belum bisa mengajukan visa ke Inggris lantaran masih berada dalam “Daftar Merah”.

Namun mengingat adanya rencana rileksasi aturan, WNI bisa mulai menambah literasi dari sumber resmi mengenai syarat masuk Inggris bagi warga negara yang bukan “Daftar Merah” plus yang telah divaksinasi.

Mengutip situs resmi pemerintah Inggris per Senin, pengunjung yang telah vaksin wajib menjalani tes Covid-19 dan mengisi form khusus. Informasi terakhir soal tes virus corona sebagai syarat masuk Inggris bisa diketahui di sini, dan mengenai form khusus di sini.

Selain visa dan paspor, pengunjung juga wajib menyertakan bukti telah vaksin. Hingga Senin ini, vaksin yang disetujui pemerintah Inggris ialah; Oxford/AstraZeneca, Pfizer BioNTech, Moderna, atau Janssen.

Formulasi vaksin, seperti AstraZeneca Covishield, AstraZeneca Vaxzevria dan Moderna Takeda, juga memenuhi syarat sebagai vaksin yang disetujui Inggris.

Belum diketahui lebih lanjut apakah jenis vaksin selain di atas akan disetujui sebagai syarat masuk jika Indonesia telah diumumkan secara resmi masuk dalam daftar negara bebas karantina saat kedatangan di Inggris. Informasinya terakhir soal vaksin yang disetujui di Inggris bisa diketahui di sini.

Selebihnya, warga negara Indonesia masih harus bersabar menunggu pengumuman resmi dari pemerintah Inggris mengenai syarat kedatangan bebas karantina yang akan diperbaharui lagi pada pekan ini, seperti yang diamini oleh salah satu staf Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia yang dihubungi oleh CNNIndonesia.com pada Senin.

Yang harus diingat ialah, jangan terburu napsu memesan akomodasi dan transportasi ke Inggris sebelum mengecek informasi terbaru dari sumber resmi. Waspada juga dengan penipuan yang mengatasnamakan kemudahan pelesir ke Inggris selama pandemi virus corona.

Informasi umum pengajuan visa Inggris dari VFS Global bisa diketahui di sini.

Syarat masuk Inggris selama pandemi bisa diketahui di sini.

Sumber : CNN [dot] COM