Pelesir via Layar ke Kota Kelahiran Olimpiade

0
436

Tur virtual di Olympia kuno, tempat lahirnya Olimpiade dan salah satu situs arkeologi top Yunani, pada hari Rabu (10/11) dibuka untuk umum, menyuguhkan pemandangan hampir 30 kuil dan monumennya ke khalayak yang lebih luas.

Harta karun arkeologi ditampilkan dalam teknologi 3D, termasuk Stadium, Kuil Hera di mana api suci Olimpiade dinyalakan setiap dua tahun, dan bengkel master pematung Pheidias, pencipta Parthenon di Athena.

Kementerian Kebudayaan Yunani, yang membantu raksasa perangkat lunak Amerika Serikat, Microsoft, dengan aplikasi Ancient Olympia Common Grounds, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa monumen-monumen itu “akan dirancang semirip mungkin dengan bentuk aslinya”.

Di antara yang menarik dari aplikasi ini adalah patung Zeus dari emas dan gading yang legendaris, yang dibuat oleh Pheidias.

Dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban dunia kuno, patung besar itu diyakini telah dihancurkan atau hilang pada abad ke-lima Sebelum Masehi.

Kamera dan drone digunakan untuk mengambil ratusan ribu gambar situs arkeologi yang luas itu untuk membuat model digital, kata kementerian itu.

Analisis hari demi hari tentang kompetisi, upacara, dan aspek organisasi Olimpiade juga disediakan, di samping garis waktu pertandingan.

Di samping Korintus, Delphi dan Nemea, Olympia menjadi tuan rumah salah satu dari empat Pertandingan Panhellenic Yunani kuno selama berabad-abad.

Acara kompetisi termasuk tinju, gulat, lompat, lari, balap kuda, pentathlon, diskus, dan lembing.

Olimpiade diadakan dari abad kedelapan SM hingga abad keempat Masehi. Mereka dihidupkan kembali di Athena pada tahun 1896.

Sekitar 150 ribu orang setiap tahun mengunjungi Olympia, yang terletak sekitar 265 kilometer (165 mil) barat daya Athena, menurut badan statistik Yunani.

Informasi lebih lanjut mengenai tur virtual di Olimpia bisa diketahui melaluiĀ link ini

Sumber : CNN [dot] COM