7 Cara Mengecek Kecepatan Internet di Hp dan Laptop

0
445

Cara cek kecepatan internet di hp dan laptop penting untuk diketahui supaya Anda bisa melakukan peninjauan berkala untuk menghindari koneksi yang lambat.

Di era yang sedang menerapkan digitalisasi ini, koneksi internet merupakan kebutuhan yang termasuk prioritas bagi sebagian kalangan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Misalnya, urusan pekerjaan yang perlu meeting online, belajar daring, akses pemberitaan, sampai transaksi jual-beli, serta perbankan. Agar keperluan tersebut lancar, tentunya perlu ditunjang dengan internet yang stabil dan baik.

Cara Cek Kecepatan Internet

Slow internet, video load and download speed. Watching movie online. Loading icon on screen. Frustrated angry person with poor and bad broadcast connection for entertainment. Man with mobile phone.

Dirangkum dari berbagai sumber, jika Anda ingin mengecek kecepatan internet wifi maupun mobile di perangkat hp dan laptop, bisa coba beberapa situs atau aplikasi berikut.

1. Fast by Netflix

Netflix memiliki situs dan aplikasi khusus mengecek kecepatan internet yaitu Fast.com bahkan sudah tersedia di App Store serta Google Play Store.

Cara menggunakannya cukup mudah, bisa melalui browser hp atau laptop. Pertama, masuk ke laman Fast.com kemudian tunggu beberapa saat biarkan sistemnya menghitung kecepatan internet.

Hasil kecepatan internet akan ditampilkan tepat di bagian tengah layar sekaligus tulisan angka besar dengan satuan megabits per second (Mbps).

2. Meter.net

Selanjutnya ada Meter.net yaitu situs website sehingga Anda tidak perlu repot mengunduh seperti aplikasi.

Cek koneksi internet di Meter.net akan berlangsung sekitar 30 detik dan pengguna tinggal masuk ke situs tersebut kemudian klik ‘START’.

Setelah menekan tombol START, biarkan sistemnya melakukan pengecekan sampai muncul tampilan PING, download speed, dan upload speed sebagai hasil akhirnya.

3. Speed Smart

Cara cek kecepatan internet di hp dan laptop terbaru selanjutnya bisa melalui Speed Smart ke situs resminya atau unduh di Google Play Store serta App Store.

Cara kerja sistem Speed Smart hampir mirip dengan layanan sejenisnya di mana pengguna tinggal masuk ke situs web atau buka aplikasi di ponsel dan klik START SPEEDTEST.

Durasi mengetahui kecepatan koneksi internet pada Speed Smart berlangsung sekitar 40 detik dengan menampilkan hasil PING, download speed, upload speed, provider, IP, server.

4. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla menyediakan akses cek kecepatan internet lewat situs Speedtes.net atau unduh aplikasinya melalui Google Play Store, App Store, dan Microsoft.

Setelah masuk ke situs web atau aplikasi, pengguna tinggal klik menu GO yang tepat berada di tengah layar, biarkan beberapa saat sampai menampilkan data hasil akhir.

Layanan Speedtest yang pertama kali rilis pada 2006 ini dapat menguji performa internet untuk mobile/hp maupun koneksi Wifi.

5. Bandwidth Place

Fitur pada situs Bandwidth Place kurang lebih hampir sama dengan speedtest pada umumnya, yang menyediakan PING, download speed, dan upload speed.

Perbedaannya ada pada layanan SERVER Bandwidth Place karena berfungsi untuk memudahkan pengguna memilih lokasi keberadaannya.

Setiap pengguna dapat melakukan pengecekan ke laman Bandwidthplace.com kemudian klik START pada ikon oranye untuk mengetahui detail dari kecepatan internet.

6. V-SPEED

V-SPEED hanya tersedia di aplikasi seluler untuk pengguna Android sehingga belum bisa diakses ke laptop.

Selain melihat hasil kecepatan internet ponsel, pengguna juga mendapatkan informasi lain mengenai kecepatan download.

Kelebihan lain dari V-SPEED ini menyediakan fasilitas untuk mencari sinyal Wifi dan aplikasinya sudah cukup banyak diunduh lewat Google Play Store.

7. Internet Speed Meter Lite

Dibanding yang lainnya, Internet Speed Meter Lite ini menawarkan keunggulan untuk mengecek koneksi secara real-time.

Cara cek kecepatan internet di hp dan laptop terbaru dengan Internet Speed Meter Lite cukup mudah, tapi sebelum itu pastikan sudah unduh aplikasinya.

Kemudian tinggal masuk ke aplikasi dan secara otomatis sistemnya akan menghitung kecepatan internet yang tersambung ke perangkat Anda.

Sumber : CNN [dot] COM