Dimensity 9000 MediaTek Rilis Pertama, Snapdragon 8 Gen1 Qualcomm Duluan di Toko

0
438

MediaTek lebih dulu mengumumkan chip flagship terbarunya yang berbasis teknologi pemrosesan 4nm, yakni Dimensity 9000 SoC. Tapi, ternyata, perangkat ponsel yang ditenagai chip flagship 4nm Qualcomm, Snapdragon 8 Gen1, yang melangkah pertama masuk ke pasar.

Menurut informasi yang beredar di Weibo, smartphone pertama pengguna Dimensity 9000 baru akan dirilis pada Februari tahun depan—jika tidak mengalami penundaan. Tapi, ponsel flagship pengguna Snapdragon 8 Gen1 sudah bisa diharapkan berada di etalase toko pada tahun ini juga.

Sejauh ini Motorolla dan Xiaomi bersaing untuk menjadi yang pertama berada di etalase itu. Belum diketahui siapa pemenangnya, tapi kabar dari Cina menyebutkan seri Xiaomi 12 dengan Snapdragon 8 Gen1 akan debut pada 12 Desember mendatang. Alasan di baliknya adalah kesesuaian nama dan tanggal 12-12.

Adapun pengguna pertama Dimensity 9000, sama dengan Snapdragon 8 Gen1, kabarnya adalah juga ponsel Xiaomi, yaitu Redmi K50 Gaming. Jika mengikuti waktu rilis Redmi K40, generasi terbarunya, K50, baru akan hadir pada kuartal pertama tahun depan. Diawali seri regular kemudian diikuti ponsel gaming-nya.