Cerita Lestari VW Kombi Terinspirasi dari Troli

0
464

Ada dua jenis mobil Volkswagen atau VW yang sangat populer di Indonesia. Pertama adalah Beetle yang dijuluki VW Kodok dan kedua merupakan van atau lebih akrab dikenal VW Kombi.

Kedua mobil ini memiliki ciri khas masing-masing. Anda bisa mempelajari soal VW Kodok di tautan ini, lalu kembali ke artikel ini karena kami mau membahas VW Kombi.

Berdasarkan catatan sejarah, VW Kombi lahir setelah Perang Dunia II dan diberi kode Type 2, sementara VW Beetle memakai kode Type 1. Type 2 adalah cikal bakal van buatan Volkswagen yang bukan cuma dinilai karena fungsionalitas mengangkut penumpang dan barang tetapi juga sudah melebur ke banyak budaya di seluruh dunia.

Asal usul ide mobil ini terinspirasi dari troli atau kereta dorong bermotor yang digunakan di pabrik-pabrik. Saat itu VW membayangkan mobil berbentuk kotak dengan ruangan lega bakal mengangkat barang-barang.

Sketsanya lalu dibuat salah satu importir Volkswagen dari Belanda, Ben Pon, menggunakan basis VW Beetle. Buat pemikiran dia menghasilkan bentuk ‘nyeleneh’ karena pengemudi berada di atas roda depan dan ini merupakan desain pertama yang menggunakan konsep ini.

Mulanya purwarupa pertama mobil ini dianggap belum maksimal sehingga masih butuh penyempurnaan lebih lanjut di pusat fasilitas Universitas Teknik di Braunschweig, Jerman.

Baru pada 1949, tepatnya di Jenewa Motor Show, mobil ini ditampilkan kepada publik. Lalu pada 1950, Volkswagen kembali menyempurnakan desainnya dan memasukkannya ke dalam produksi massal.

Generasi pertama Type 2 yaitu T1 diproduksi pada 8 Maret 1950 di pabrik Wolfsburg pada periode 1950-1956 dengan kapasitas 10 unit per hari dan selanjutnya di pabrik baru di Hanover.

Selain di sana, Type 2 dilakukan di tempat lain, yakni Brasil hingga 1975. Ciri khas mobil ini adalah ukuran pintu belakang yang besar dan lingkar roda 16 inci.

Berikutnya Volkswagen Type 2 T2 mulai diproduksi pada 1968 hingga 1979. Produksi lalu dilanjutkan di Meksiko sampai dengan 1980, kemudian di Brasil sampai dengan 1996.

Salah satu perbedaan T2 dengan T1 yaitu pintu belakang lebih kecil serta lingkar roda 15 inci.

Versi yang diproduksi sebelum 1971 disebut sebagai T2a sementara yang dihasilkan setelah 1972 diberi label T2b. Volkswagen Type 2 T3 diperkenalkan pada 1979 dan diproduksi sampai 1991.

Dakota

Selain dikenal sebagai Kombi, Volkswagen Type 2 juga akrab disebut Dakota. Keduanya hanya punya perbedaan dari sisi tahun produksi dan mesin.

Dakota bisa dikatakan lebih dahulu hadir yaitu pada era 1950-1968 dan hingga 1975 di Brasil dengan mesin 1.200 cc.

Sedangkan Kombi lahir setelahnya dengan penyempurnaan pada mesin dan eksterior yang dimulai dari 1968. Penyempurnaan yang dilakukan banyak pada bodi bagian depan dan jendela. Mesin juga dilakukan ditingkatkan kapasitasnya jadi 1.600cc.

Selama diproduksi hampir empat dekade , desain Volkswagen Type 2 hampir tidak berubah signifikan. Sementara jumlah total keseluruhan produksi mencapai lima juta unit.

Pada zamannya, mobil ini mempunyai keunggulan yaitu ruang penumpang sangat lapang dengan kapasitas angkut delapan orang penumpang.

VW Kombi jelas menjadi kebutuhan bakal penghobi barang lawas. Sementara harganya saat ini di Indonesia cenderung gelap, alias terserah kesepakatan antara pemilik dan pembeli.

Sumber : CNN [dot] COM