Para pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp kini dapat mengatur pesan dalam obrolan agar terhapus secara otomatis dengan jangka waktu tertentu.

Terobosan baru ini memungkinkan para pengguna WhatsApp mengaktifkan fitur pesan hilang otomatis dengan pilihan waktu mulai dari 24 jam, tujuh hari, hingga 90 hari. Pembaruan ini bisa dirasakan para pengguna mulai Senin (6/12).

“Kami meluncurkan opsi pesan menghilang baru di WhatsApp hari ini sehingga Anda dapat membuat semua obrolan baru menghilang secara default setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari. Tidak semua pesan harus bertahan lama,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg sebagai perusahaan yang menaungi WhatsApp seperti dikutip 9to5mac.

Dalam sebuah unggahan di blog resmi, WhatsApp mengatakan tujuan dari fitur baru ini adalah untuk “menghubungkan dunia secara privat atau pribadi”.

Fitur pesan hilang ini dapat diaktifkan secara default untuk semua obrolan individu baru dengan masuk ke pengaturan, mengetuk “akun” lalu privasi dan pengatur waktu pesan default.

Pesan yang diterima atau dikirim sebelum aktivasi fitur pesan sementara tidak akan terpengaruh, sehingga pengguna masih bisa melihat pesan tersebut.

Para pengguna juga memiliki opsi untuk menonaktifkan setelan fitur ini. WhatsApp juga mengatakan pihaknya tengah menambah opsi baru ini untuk obrolan grup.

Fitur ini pertama kali diluncurkan pada November tahun lalu. Namun, saat itu para pengguna hanya memiliki opsi untuk menghilangkan pesan setelah tujuh hari saja.

Fitur pesan hilang sendiri bisa digunakan di chat pribadi maupun grup. Namun khusus chat di grup, admin dari grup tersebut dapat mengatur agar admin menjadi satu-satunya yang bisa mengaktifkan fitur ini.

Dilansir The Verge, fitur baru ini kabarnya masih terus dikembangkan menurut WABetaInfo.