Alexa Internet, Inc., perusahaan internet penyedia trafik data, ranking global, dan informasi lain terkait lebih dari 30 juta website, akan memensiunkan Alexa.com pada 1 Mei 2022.

Pengumuman ini disampaikan Alexa melalui websitenya. Sayangnya tidak ada penjelasan di balik keputusan website ini pensiun.

“Dua puluh lima tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda semua menemukan, merangkul, dan mengubah audiens digital, kami membuat keputusan sulit untuk memensiunkan Alexa.compada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan kami sumber andalan Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi. Kami bangga melayani Anda.” Demikian pernyataan Alexa.com seperti dikutip dari websitenya.

Alexa menambahkan, mereka berhenti menawarkan langganan baru mulai 8 Desember 2021. Namun langganan yang sudah ada akan terus memiliki akses hingga 1 Mei 2022. API Layanan Informasi Web (Web Information Service API) juga dihentikan per 8 Desember 2022.

Alexa adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, Amerika Serikat, dan menyediakan data komersial terkait traffic website. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999.

Toolbar yang diciptakan Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, di mana data-data tersebut disimpan dan dianalisis, sehingga menjadi dasar dari laporan traffic website yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya.

Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Website Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.