Jalan Nintendo Switch Saingi Adidaya Konsol Game PlayStation

0
429

Nintendo Switch telah menjadi salah satu konsol yang paling populer bahkan hingga menumbangkan popularitas Playstation (PS).

Nintendo Switch tercatat telah terjual sebanyak lebih dari 89 juta unit secara global sejak peluncurannya pada 2017.

Kesuksesan game Animal Crossing: New Horizons pada 2020 lalu menjadi salah satu yang berkontribusi besar pada kesuksesan tersebut.

Menurut data dari perusahaan analisis ritel The NPD Group, pada November 2020 penjualan konsol ini bahkan mencapai angka 1,35 juta unit hanya dalam satu bulan.

Alih-alih mengandalkan spesifikasi konsol kelas atas, Nintendo Switch berfokus pada pengalaman bermain penggunanya.

Dilansir dari Imore, konsol tersebut tidak mendukung resolusi 4K. Saat disambungkan ke TV, Switch dapat mencapai hingga 1080p, tetapi saat dalam mode genggam, hanya mencapai 720p. Meski ini tidak akan terlalu mempengaruhi pemain karena layarnya sangat kecil.

Switch memiliki dua Joy-Cons yang dapat dilepas, yang ketika diputar ke samping dapat menjadi pengontrol sendiri. Hal ini memudahkan pemain untuk memberikan satu ke teman untuk bermain secara multiplayer saat bepergian atau di rumah.

Namun sebagai catatan, banyak game multiplayer saat ini yang mengharuskan setiap pemainya memiliki konsol mereka sendiri dan salinan game mereka sendiri.

Nintendo cenderung menawarkan lebih banyak game co-op multiplayer daripada perusahaan game lainnya. Sehingga pemain dapat mengundang teman atau mengadakan malam permainan keluarga di mana semua orang fokus pada layar yang sama dan bermain bersama.

Kemudian banyak game Switch multiplayer yang mendukung hingga empat pemain, dan beberapa game lain seperti Super Smash Bros. Ultimate bahkan mendukung hingga delapan pemain.

Satu-satunya konsol Sony Playstation yang bisa mengungguli Nintendo Switch adalah PS5. Selain menjadi konsol PS pertama yang mengungguli Switch, PS5 menjadi konsol pertama yang melakukan hal tersebut.

Dilansir dari The Verge, menurut data dari The NPD Group, pada September lalu PS5 untuk pertama kalinya berhasil mengungguli penjualan Switch di Amerika Serikat (US), mengakhiri dominasinya yang telah berlangsung selama 33 bulan.

Kini, kedua konsol tersebut juga menjadi dua konsol game paling laku terjual secara global.

Sumber : CNN [dot] COM