Jalan Bisa Cas Baterai Mobil Listrik Sambil Melintas di AS

0
365

Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan buat jalan raya yang bisa mengisi daya atau ngecas mobil listrik, menyusul empat negara lain.

Sebelumnya teknologi serupa telah dibuat di empat negara, yakni Israel, Swedia, Italia, dan Jerman.

Selasa (1/2), Gubernur Michigan, Gretchen Whitmer mengatakan mobil listrik yang berkendara di Detroit akan dapat mengisi daya dengan menggunakan sistem ‘in-road charging’ atau sistem pengisian baterai di jalan pada 2023 mendatang.

Pada 2021, Whitmer mengumumkan rencana negara bagian tersebut untuk membangun jalan raya yang bisa mengisi baterai kendaraan listrik pertama di AS.

Kontrak untuk pembangunan jalan diberikan kepada ElectReon, sebuah perusahaan yang berbasis di Israel yang berpengalaman dalam mengembangkan infrastruktur pengisian nirkabel. Jalan raya yang akan dibangun ini nantinya dapat mengisi daya kendaraan listrik saat kendaraan bergerak maupun diam.

ElectReon sebelumnya juga membuat jalan serupa di empat negara yang telah memiliki jalan raya dengan sistem pengecasan seperti ini.

CEO ElectReon Oren Ezer menyebut kontrak dengan Departemen Transportasi Michigan adalah kesempatan bagi perusahaannya untuk memperluas eksistensi di AS.

“Sangat menyenangkan untuk memulai di tempat kelahiran industri otomotif modern,” kata Ezer, seperti dikutip dari AP News.

“Kami berencana untuk membangun rekam jejak keberhasilan Electreon yang terbukti secara global, dan menunjukkan kemampuannya untuk membantu

AS mewujudkan tujuan elektrifikasi dan pengurangan emisinya,” imbuhnya.

Jalan dengan sistem pengisian daya ini akan berlokasi di distrik Michigan Central, di mana Ford Motor sedang merestorasi stasiun kereta Michigan Central untuk mengembangkan kendaraan self-driving.

Whitmer menyebut jalan raya ini dan upaya lain untuk meningkatkan infrastruktur berkelanjutan akan membantu Michigan tetap berada di garis depan dalam dunia teknologi otomotif dan industri keberlanjutan.

Lebih lanjut, rancangan rencana Michigan saat ini ditujukan untuk mencapai netralitas karbon pada 2050.

Rancangan tersebut menyerukan berbagai rencana pembangunan infrastruktur, yang salah satunya adalah jalan raya pengisi daya yang akan dibangun di Michigan untuk mengakomodasi 2 juta kendaraan listrik di jalan pada 2030.

Sumber : CNN [dot] COM