Sekarang Whatsapp Dapat Digunakan Walaupun HP tidak Terkoneksi Internet

0
373

Meskipun tanpa jaringan internet atau saat HP kamu mati, Whatsapp tetap bisa digunakan. Kok bisa? Jawabannya adalah dengan fitur multi-device, yang hingga saat ini masih dalam tahap uji coba beta versi terbuka.

Fitur ini agak berbeda dengan kemampuan WhatsApp yang sebelumnya dapat digunakan di HP dan versi web.

Sebab dulu meski pengguna dapat menjalankan WhatsApp di laptop, tapi internet di HP harus tetap menyala. Dengan fitur multi-device, hal tersebut tak perlu lagi terjadi dan bahkan bisa melakukan chat meski ponsel dalam keadaan tanpa internet dan mati.

 Pengguna dapat menggunakan WhatsApp di empat perangkat non ponsel lain untuk menggunakan WhatsApp.

“Dengan kemampuan baru ini Anda sekarang bisa menggunakan WhatsApp di ponsel dan hingga empat perangkat non ponsel lain secara bersamaan, bahkan jika baterai ponsel mati,” kata laman Engineering Facebook, Kamis (10/2/2022).

Facebook memastikan keamanan dan privasi pengguna tetap terjadi dengan menggunakan end-to-end encryption yang telah digunakan sebelumnya.

“Hal penting kami telah mengembangkan teknologi baru untuk mempertahankan end-to-end encryption sambil tetap mengelola sinkronisasi data Anda seperti nama kontak, arsip obrolan, pesan berbintang dan banyak lagi di seluruh perangkat.”

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus menggunakan program beta dan pastikan WhatsApp berada di versi terbaru.

Sesaat setelah bergabung dengan Multi device beta, pengguna juga harus menautkan perangkat pendamping.

Untuk bisa bergabung di Android, buka aplikasi lalu menuju ke menu Opsi atau ikon tiga titik. Berikutnya klik menu Perangkat tertaut atau Linked Devices, serta klik Beta Multiperangkat (Multi-device beta) seta join now.

Jika ingin keluar dari Multi device beta ini, dapat mengulangi cara tadi dan lanjutan dengan menekan tombol Keluar dari Beta.

Sementara pada iOS bisa membuka menu pengaturan dan klik Perangkat Tertaut (Linked Devices).

Lalu lanjutkan dengan Multi-device beta dan Gabung ke Beta. Untuk keluar, ulangi cara tadi dan saat berada di menu Beta Multi-perangkat klik Keluar dari Beta.