Jumlah Kasus Turun, Hong Kong akan Longgarkan Pembatasan COVID-19

0
523

Hong Kong akan melonggarkan beberapa pembatasan terkait penanggulangan wabah COVID-19 akhir bulan ini, karena jumlah infeksi menurun dalam beberapa pekan terakhir. Warga akan diperbolehkan makan di restoran pada malam hari dan pertemuan pribadi tidak akan lagi dibatasi.

Mulai 21 April, restoran akan dapat beroperasi hingga pukul 10 malam. dengan maksimal empat orang per meja, kata para pejabat Kamis (14/4).

Bisnis-bisnis lain yang diperintahkan untuk tutup sementara karena gelombang infeksi kelima di Hong Kong, seperti salon kecantikan, gym, taman hiburan, dan bioskop, juga akan diizinkan untuk dibuka kembali, meskipun kapasitasnya akan dibatasi hingga 50 persen. Sementara itu, bar dan pub akan tetap tutup.

Pembatasan yang saat ini hanya memungkinkan dua rumah tangga untuk berkumpul juga akan dicabut.

“Untuk melonggarkan langkah-langkah ini, untuk memungkinkan berlangsungnya kegiatan normal di masyarakat, dengan lebih banyak interaksi di antara warga, pelonggaran ini tentunya memiliki risiko penularan,” kata pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada konferensi pers Kamis (14/4).

 

Lam mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi pembatasan-pembatasan yang masih berlaku dan untuk menjalani vaksinasi.

“Sementara jumlah kasus positif yang dilaporkan setiap hari telah turun ke tingkat yang relatif rendah, tingkat infeksi secara absolut masih cukup tinggi,” katanya.

Kota tersebut melaporkan 1.260 kasus baru pada hari Rabu, turun lebih dari 95% dari puncak wabah pada bulan Maret, ketika lebih dari 30.000 infeksi harian dilaporkan.

Lam mengatakan kota itu sekarang jauh lebih siap menangani gelombang lain jika terjadi, karena meningkatnya tingkat vaksinasi dan lebih banyak fasilitas untuk menangani pasien, seperti tempat isolasi dan pusat perawatan.

Lam juga mengatakan pemerintah belum menghentikan usaha pengujian massal untuk kota itu.

Pembatasan lain juga akan dicabut akhir bulan ini. Tur lokal akan diizinkan untuk dilanjutkan dan pertemuan publik empat orang, bukan dua, juga akan diizinkan.