Hyundai telah merilis mobil baru yang masuk ke dalam segmen Low MPV di Tanah Air, Stargazer. Mobil ini menjalani debut publik untuk kali pertama pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Stargazer merupakan mobil asal Korea Selatan yang bersaing langsung dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Wuling Confero.

Berikut kami rangkum 5 fakta soal Stargazer yang perlu Anda ketahui

Debut dari Indonesia

Stargazer merupakan produk Low MPV pertama Hyundai yang menjalani debut dunia dari Indonesia. Perusahaan memanfaatkan GIIAS 2022 untuk meluncurkan produk tersebut.

Desain Stargazer fokus buat konsumen Indonesia yang selama ini dikenal sebagai negara low MPV.

Produksi Indonesia

Stargazer juga menjadi model terbaru Hyundai yang diproduksi di Indonesia. Produk ini menambah daftar mobil yang sudah dilokalisasi Hyundai di Tanah Air setelah Creta, Ioniq 5, dan Santa Fe.

Mesin sejenis Creta

Stargazer menggunakan mesin sejenis Creta, yakni 4-silinder 1.497 cc MPI. Klaim tenaga mesin itu di Stargazer juga mirip Creta, yaitu 115 PS dan torsi 14,7 kgm.

Pilihan transmisi Stargazer juga serupa Creta, manual 6-percepatan dan IVT.

No Pertalite

Mesin Hyundai Stargazer didesain menggunakan bahan bakar minimal RON 92 atau BBM jenis Pertamax milik Pertamina. Anjuran ini sudah menjadi rekomendasi Hyundai global untuk setiap jenis mesin MPI Hyundai.

Kerusakan jika penggunaan bahan bakar tidak sesuai rekomendasi, dikatakan berpengaruh pada klaim garansi.

Harga Termurah Rp243,3 Juta

Mobil ini tersedia dalam beberapa varian dengan harga termurah Rp243,3 juta. Berikut harga lengkap dari Stargazer.

Active MT Rp243,3 juta
Active IVT Rp255,9 juta
Trend MT Rp263,3
Trend IVT Rp275,9 juta
Style IVT Rp296,3 juta
Prime IVT Rp307,1 juta

Stargazer tersedia pilihan captain seat, namun hanya pada varian Trend, Style, dan Prime.

Calon konsumen dikenakan biaya tambahan sebesar Rp1 Juta sebagai opsi tambahan. Pabrikan juga menyediakan pilihan Two-Tone Color dengan tambahan biaya Rp1,5 juta yang tersedia hanya untuk varian Prime.