Video Game Meningkatkan Keseimbangan pada Remaja Autisme

0
1281

Memainkan video game yang memberi penghargaan kepada peserta karena berlatih berbagai pose “ninja” dapat membantu anak-anak dan remaja dengan gangguan spektrum autisme (ASD) memperbaiki keseimbangan mereka, menurut sebuah studi baru-baru ini.

Brittany Travers, seorang penyidik di University of Wisconsin-Madison Waisman Center dan asisten profesor kinesiologi, bekerja dengan peserta studi saat dia memainkan video game yang dirancang untuk membantu remaja autis memperbaiki keseimbangan mereka. Ini juga dapat membantu memperbaiki beberapa gejala autisme mereka.

Memainkan video game yang memberikan pengaruh kepada peserta karena berlatih berbagai pose “ninja” dapat membantu anak-anak dan remaja dengan gangguan spektrum autisme (ASD) memperbaiki keseimbangan mereka, menurut sebuah studi baru-baru ini di Journal of Autism and Developmental Disorders yang dipimpin oleh para periset di Universitas Wisconsin-Madison.

Tantangan keseimbangan lebih umum terjadi pada orang-orang dengan ASD dibandingkan dengan populasi yang lebih luas, kata penulis utama studi Brittany Travers, dan kesulitan keseimbangan dan stabilitas postural umumnya dianggap berkaitan dengan gejala ASD yang lebih parah dan aktivitas yang terganggu dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami pikir pelatihan berbasis video game ini bisa menjadi cara unik untuk membantu individu dengan ASD yang memiliki tantangan dengan masalah keseimbangan masalah ini,” kata Travers, seorang penyelidik di UW-Madison’s Waisman Center dan asisten profesor kinesiologi.

Dalam studi percontohan ini – yang terbesar yang pernah melihat dampak pelatihan keseimbangan pada individu dengan peserta ASD – 29 antara usia 7 dan 17 dengan ASD menyelesaikan program pelatihan enam minggu yang memainkan video game yang dikembangkan oleh para periset.

Pada akhir program, peserta studi menunjukkan peningkatan yang signifikan tidak hanya dalam permainan mereka tetapi juga keseimbangan dan postur tubuh mereka di luar lingkungan permainan.

Menurut Travers, penyempurnaan keseimbangan di luar konteks permainan video sangat penting. “Peserta kami sangat pandai ketika harus menemukan cara untuk mengalahkan permainan video!” dia berkata. “Kami ingin memastikan bahwa perbaikan yang kami lihat benar-benar berhubungan dengan keseimbangan dan tidak terbatas pada permainan video.”

Sepuluh dari 11 peserta studi yang menyelesaikan kuesioner pasca pertandingan juga mengatakan mereka senang bermain video game.

“Kami selalu bertujuan untuk membuat intervensi menyenangkan,” kata Travers. “Kami telah melakukan latihan yang ketat (pada akhir beberapa sesi permainan, peserta telah berdiri dengan satu kaki selama 30 menit) dalam format video game, jadi kami senang mendengar bahwa para peserta menikmati permainan ini.”

Travers mengembangkan video game tersebut dengan bantuan Andrea Mason, profesor kinesiologi di UW-Madison, Leigh Ann Mrotek, profesor kinesiologi di UW-Oshkosh dan Anthony Ellertson, direktur program game dan teknologi interaktif di Boise State University.

Sistem game menggunakan kamera Microsoft Kinect dan papan keseimbangan Nintendo Wii yang terhubung ke perangkat lunak yang dikembangkan pada platform Windows menggunakan Adobe Air.

“Pemain melihat diri mereka di layar melakukan pose dan postur ‘ninja’ yang berbeda, dan mereka diberi imbalan untuk melakukan pose dan postur tersebut, begitulah cara mereka maju dalam permainan,” kata Travers.

Studi ini juga mengeksplorasi perbedaan individu yang mungkin memprediksi siapa yang paling diuntungkan dari jenis pelatihan keseimbangan berbasis video game ini.

Misalnya, penelitian tersebut menunjukkan bahwa peserta dengan beberapa karakteristik, seperti perilaku ritualistik (seperti kebutuhan untuk mengikuti rangkaian rutin seputar waktu makan atau waktu tidur) tidak mendapat banyak manfaat dari permainan video seperti mereka yang tidak memiliki perilaku ini.

Di sisi lain, beberapa karakteristik, seperti indeks massa tubuh atau IQ, tidak mempengaruhi apakah peserta mendapat manfaat dari pelatihan keseimbangan.

“Ada banyak variabilitas dalam profil klinis ASD, dan tidak mungkin akan ada pendekatan satu ukuran untuk semua keseimbangan pelatihan yang membantu semua individu dengan ASD,” kata Travers.

Periset bekerja untuk membuat permainan lebih mudah diakses oleh individu yang berbeda dalam spektrum autisme. “Kami sudah memiliki beberapa fitur yang membantu – permainan ini memiliki instruksi verbal yang sangat sedikit, yang seharusnya membuatnya lebih mudah diakses oleh individu yang minimal verbal,” kata Travers. “Pada akhirnya, kami ingin memindahkan permainan berbasis video ini ke luar lab.”