Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia 2022 mulai digelar di Shanghai, China, 1 September. Berbagai robot canggih dipamerkan, mulai dari anjing, lengan pijat hingga pemain opera Peking.

Salah satu yang menarik perhatian di konferensi yang biasa disebut WAIC kali ini adalah robot anjing yang diberi nama Jueying X20. Di ajang eksibisi tahunan ke-5 ini, produk buatan DeepRobotics ini bukan sekedar robot biasa.

Robot anjing ini dapat menanggulangi berbagai gangguan fisik mulai dari tendangan, pukulan, dan dorongan. Menurut DeepRobotics, Jueying X20 dikembangkan untuk menangani berbagai tugas seperti berpartisipasi dalam penyelamatan darurat atau memeriksa saluran listrik.

“Robot anjing ini memiliki kemampuan adaptif dan menyeimbangkan diri. Jika mengalami gangguan eksternal, secara otomatis dapat mengembalikan keseimbangannya. Sama seperti ketika kita menendangnya, ia dapat menjaga keseimbangannya sendiri. Setelah terbalik, ia pun bisa berdiri kembali. Ini juga yang membedakannya dari robot-robot lain,” ujar Qian Xiayou, manajer pemasaran DeepRobotics.

Para pengunjung pameran juga berkesempatan menerima pijatan dari lengan robot yang dikembangkan oleh Flexiv Limited.

“Lengan robot ini tidak seperti robot industri sebelum-sebelumnya, yang lebih menekankan pada kemampuan mekanik. Yang ini lebih menekankan pada kemampuan kompleks seperti kinerja gerakan dan akurasi pemosisian. Namun fokus utama kami adalah fitur-fitur yang ada pada lengan manusia. Lengan robot ini memiliki refleks dan bisa mengatur sendiri kekuatannya, jadi bisa digunakan untuk keperluan memijat. Robot ini bisa digunakan untuk menggiling, memoles, dan menghaluskan permukaan,” jelas Gao Yunfan, manajer pemasaran Flexiv.

Robot mirip manusia yang mengenakan pakaian pemain opera Peking, lengan robot penulisan kaligrafi, dan teknologi realitas virtual penangkap gerak juga dipamerkan di ajang ini.

WAIC 2022 diadakan di Shanghai World Expo Exhibition and Convention Centre dari tanggal 1 hingga 3 September.