Layar laptop tiba-tiba berubah hitam atau black screen bisa terjadi kapan saja. Kondisi ini dapat disebabkan oleh error pada sistem software atau kerusakan pada hardware laptop.
Khusus bagi Anda pengguna Windows 11 yang mengalami black screen, berikut cara mengatasi layar laptop hitam supaya kembali normal.

Keadaan layar laptop yang mengalami black screen tidak akan menampilkan gambar, tulisan, kode, atau petunjuk apa pun. Layar akan memunculkan tampilan hitam dan tidak bisa dioperasikan.

Tak jarang, hal tersebut membuat pengguna Windows mengira laptopnya dalam kondisi mati.

Penyebab Layar Laptop Hitam

Sebelum mengatasinya, Anda perlu tahu terlebih dulu penyebab paling umum yang membuat layar laptop jadi hitam.

  • Monitor mengalami masalah pembaruan sistem setelah dipasang aplikasi tertentu atau driver.
  • Layar laptop hitam karena malware yang menyerang sistem. Hal ini bisa terjadi akibat memasang aplikasi atau unduh software dari situs tidak resmi.
  • Random Access Memory (RAM) pada laptop sudah digunakan cukup lama dan tidak diganti.
  • Menyambungkan laptop ke sumber daya eksternal lain sehingga layarnya jadi hitam.
  • Kerusakan pada motherboard laptop.
  • Laptop kehabisan daya jadi mati total dan layarnya hitam.

Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam

Melansir dari laman LifeWire, berikut cara mengatasi layar laptop hitam pada sistem operasi Windows 11.

1. Isi daya laptop
Layar laptop jadi hitam bisa karena kehabisan daya dan Anda lupa mengisi ulang. Coba sambungkan kabel charger ke pusat listrik sambil tunggu beberapa saat.

Biasanya laptop akan kembali ke sistem awal untuk pemulihan. Apabila setelah mengisi daya tidak ada perbaikan, itu berarti terjadi kerusakan pada software atau hardware.

2. Coba trik Microsoft Surface
Pengguna Windows 11 di perangkat Microsoft Surface, dapat menekan tombol fisik Volume Naik dan Volume Turun secara bersamaan sebanyak tiga kali berturut-turut.

Apabila trik ini dilakukan dengan benar, layar laptop Anda akan berkedip sebentar dan otomatis mengatur ulang untuk kembali menyala.

3. Masuk ke Safe Mode
Jika memungkinkan, coba reboot laptop ke dalam Safe Mode Windows. Apabila berhasil masuk, Anda dapat melakukan pembaruan pada sejumlah sistem.

Seperti pembaruan sistem Windows 11, clean boot manual, uninstall beberapa aplikasi yang membahayakan, dan reinstall graphic driver.

4. Shortcut Windows 11
Saat layar laptop jadi hitam, cek apakah Anda masih melihat kursor aktif atau tidak. Jika melihat, itu berarti laptop tersebut hanya terjebak di salah satu proses sistem.

Coba menekan tombol shortcut Ctrl+Alt+Delete secara bersamaan, dan akhiri semua operasi yang sedang berjalan di laptop supaya bisa kembali pulih.

5. Atur melalui Task Manager
Alternatif terakhir yaitu melakukan reset dengan menekan Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan untuk membuka Task Manager.

Lalu klik menu File, pilih Run New Task, ketik explorer.exe di kolom open dan klik OK. Selanjutnya tutup Task Bar dan layar laptop Anda sudah bisa kembali menyala.

Apabila monitor hitam karena kerusakan motherboard, maka cara mengatasi layar laptop hitam ini harus segera dibawa ke service center supaya ditangani secara tepat.