Musim hujan kerap mendatangkan berbagai hewan ke pekarangan atau bahkan rumah. Salah satu hewan itu adalah lintah.

Tak perlu khawatir jika lintah masuk ke dalam rumah. Ada beberapa cara mengusir lintah dari rumah saat musim hujan.

Lintah tergolong dalam hewan parasit. Hewan ini juga termasuk dalam famili organisme yang sama dengan cacing.

Ada lebih dari 600 spesies lintah. Mereka paling sering muncul di rumput atau air tawar. Sebagai parasit, lintah perlu memakan inang untuk bertahan hidup.

Banyak spesies lintah adalah sanguinivora atau memakan darah. Begitu mereka menempelkan diri pada tubuh manusia, lintah akan mulai menghisap darah Anda.

Lintah juga dapat berkembang hingga 10 kali ukurannya saat makan. Hal ini memungkinkan lintah untuk mengonsumsi banyak darah pada satu waktu.

Bahaya Gigitan Lintah
Menukil laman Healthline, sebagian besar gigitan lintah tidak berbahaya, meski bisa menyebabkan rasa gatal. Biasanya, gigitan lintah dapat dihilangkan dengan mudah tanpa memerlukan bantuan medis.

Namun demikian, dalam beberapa kasus gigitan lintah bisa menyebabkan perdarahan yang berkepanjangan. Kondisi ini disebabkan oleh air liur lintah yang bersifat antikoagulan, yang dapat mengganggu pembekuan darah secara normal. Efek ini paling berisiko dialami oleh orang yang mengonsumsi obat antikoagulan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap gigitan lintah. Orang dengan riwayat alergi atau anafilaksis perlu ekstra hati-hati.

Selain itu, kebanyakan lintah membawa bakteri Aeromonas dalam ususnya. Bakteri ini dapat menginfeksi lokasi gigitan lintah.

Bukan cuma itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang berpotensi tertular penyakit bakteri dari gigitan lintah seperti hepatitis B.

Cara Mengusir Lintah dari Rumah
Ketika lintah berada di sekitar rumah Anda, kemungkinan mereka menggigit dan menempel pada tubuh sangatlah besar. Untuk itu, penting bagi Anda menghilangkan lintah di sekitar rumah.

Berikut dua cara mengusir lintah dari rumah yang bisa dilakukan.

1. Pakai garam
Jika Anda menemukan lintah menempel di dinding rumah atau sekitar pekarangan, segera siapkan garam. Taburkan garam pada tubuh lintah.

Mengutip Hunker, garam cukup manjur untuk mengusir lintah. Pasalnya, garam akan mengeringkan tubuh lintah dan membunuhnya.

2. Pakai air lemon
Selain garam, perasan lemon juga bisa mengusir lintah. Siapkan botol semprotan, masukan air lemon ke dalamnya.

Anda bisa langsung menyemprotkan lemon ke tanah, pohon, atau area lain tempat lintah ditemukan. Perasan lemon efektif dalam membunuh lintah.

Demikian beberapa cara mengusir lintah dari rumah di musim hujan. Lakukan cara-cara di atas agar Anda tak tergigit lintah.