Rumah yang akan ditinggal dalam waktu yang lama tidak boleh begitu saja dibiarkan. Anda harus menerapkan cara membersihkan rumah sebelum ditinggal liburan agar tetap aman dan tenang.

Kondisi rumah yang bersih saat ditinggal liburan memberikan banyak manfaat. Selain membuat waktu liburan Anda jadi lebih tenang, pekerjaan rumah juga telah selesai dan rumah bebas dari sampah atau kotoran.

Saat kembali ke rumah, Anda tidak perlu kewalahan mengurusi kebersihan rumah dan dapat beristirahat dengan maksimal. Untuk itu, ada beberapa cara yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah.

Simak apa saja cara membersihkan rumah sebelum ditinggal liburan berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membuang sampah
Mengutip laman Cnet, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah membuang sampah. Terutama jika Anda berencana berlibur dalam waktu yang lama, seperti ke luar kota atau luar negeri.

Selain membuat rumah terjaga kebersihannya, membuang sampah juga dapat membuat rumah terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya sisa makanan yang bau dan membusuk di tempat sampah sehingga mengundang tikus, kecoak, atau semut berdatangan.

2. Mencuci piring
Merujuk laman Realsimple, sebelum pergi berlibur jangan lupa untuk mencuci piring, peralatan masak, dan alat makan yang kotor.

Pasalnya, tumpukan piring kotor dapat mengundang kedatangan serangga hingga tikus datang ke dapur. Anda dapat melakukannya pada malam sebelumnya atau di pagi hari sebelum meninggalkan rumah.

3. Mencuci pakaian
Langkah berikutnya adalah pastikan Anda mencuci pakaian kotor yang tersisa sebelum meninggalkan rumah. Hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi tumpukan pakaian kotor yang harus dicuci ketika Anda kembali ke rumah dari liburan.

Sebelumnya, periksa setiap sudut rumah untuk memastikan tidak ada pakaian kotor dan lembap yang tersimpan di tempat tertentu. Jangan sampai pakaian tersebut terlewat dicuci sehingga menimbulkan bau tak sedap saat rumah ditinggal.

4. Membersihkan kulkas
Melansir Theorganisedhousewife, Anda juga dapat membersihkan kulkas sebelum pergi. Selain membersihkannya, lakukan juga penyortiran bahan makanan apa saja yang kemungkinan akan membusuk selama ditinggal pergi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat harus meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

5. Merapikan tempat tidur
Hal yang tak kalah penting adalah merapikan tempat tidur. Setelah pulang berlibur, Anda pasti lelah dan ingin langsung beristirahat.

Oleh sebab itu, pastikan Anda merapikan tempat tidur sebelum berangkat. Apabila memungkinkan, Anda juga dapat mencuci seprai yang lama dan menggunakan seprai baru sehingga lebih nyaman saat digunakan.

6. Membereskan barang
Jangan lupa bereskan barang-barang yang berceceran di rumah sebelum Anda pergi berlibur. Selain membuat rumah lebih bersih dan rapi, saat kembali Anda bisa langsung beristirahat.

7. Membersihkan toilet
Terakhir, jangan lupa cek kondisi toilet sebelum Anda tinggalkan. Pastikan Anda meninggalkan rumah dengan toilet yang bersih.

Toilet yang kotor dapat meninggalkan aroma yang tak sedap. Selain itu, kamar mandi yang kotor juga dapat mengundang serangga atau hama lainnya.

Itulah cara membersihkan rumah sebelum ditinggal liburan. selamat mencoba!