Covid-19 sudah berkembang menjadi berbagai varian, yang terbaru adalah varian BF.7. Apa gejala Covid varian BF 7 ?
Satu subvarian, BF.7, baru-baru ini diidentifikasi sebagai varian utama yang menyebar di Beijing, dan berkontribusi terhadap lonjakan infeksi Covid yang lebih luas di China.

BF.7, adalah kependekan dari BA.5.2.1.7, dan merupakan turunan dari varian omicron BA.5.

Mengutip The Conversation, laporan dari China menunjukkan BF.7 memiliki kemampuan infeksi terkuat dari subvarian omicron di negara tersebut, lebih cepat menular daripada varian lain, memiliki masa inkubasi lebih pendek, dan dengan kapasitas lebih besar untuk menginfeksi orang yang pernah mengalami infeksi COVID sebelumnya. atau telah divaksinasi, atau keduanya.

BF.7 membawa mutasi spesifik, R346T, pada protein lonjakan SARS-CoV-2 (protein pada permukaan virus yang memungkinkannya menempel dan menginfeksi sel kita).

Mutasi ini, yang juga kita lihat pada varian “induk”BA.5 BF.7, telah dikaitkan dengan peningkatan kapasitas virus untuk melepaskan diri dari antibodi penawar yang dihasilkan oleh vaksin atau infeksi sebelumnya.

Apa saja gejala covid varian BF. 7?

Gejala infeksi BF.7 serupa dengan yang terkait dengan subvarian omicron lainnya, terutama gejala pernapasan bagian atas. Ada beberapa gejala yang mungkin dirasakan pasien Covid-19 varian BF 7.

BF.7 mungkin menyebabkan penyakit yang lebih serius pada orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah.

Pasien mungkin mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek dan kelelahan, di antara gejala lainnya.Sebagian kecil orang juga dapat mengalami gejala gastrointestinal seperti muntah dan diare.

Berikut gejala covid varian BF 7 yang harus diketahui:

1. Demam

Demam menjadi salah satu gejala umum yang banyak ditemui pada berbagai masalah serangan covid-19. Secara garis besar, Anda juga mulai meriang atau tidak enak badan. Anda juga bisa merasakan kering di mulut dan napas yang terasa panas.

Mengutip berbagai sumber, berikut suhu tubuh yang normal pada masing-masing usia:

– bayi 36,3-37,7 derajat Celcius,
– anak 36,1-37,7 derajat Celcius,
– dewasa 36,5-37,5 derajat Celcius.

2. Batuk

Pada kasus flu biasa, batuk biasanya menyebabkan lendir sehingga timbul dahak. Sementara batuk akibat Covid-19 kebanyakan berupa batuk kering. Batuk kering covid-19 ini biasanya terjadi tanpa alasan alias mendadak batuk tanpa alasan jelas.
Batuk yang terjadi pun berbeda dengan batuk pada umumnya. Batuk kering saat Covid-19 juga bisa terlihat seperti batuk kecil dan sepele. Sebenarnya batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari tenggorokan atau saluran pernapasan. Jika batuk terus berulang tanpa ada benda asing keluar, tenggorokan jadi terasa gatal dan sakit. Ini juga jadi gejala covid terbaru.

3. Sakit Tenggorokan

Selain batuk dan pilek, sakit tenggorokan juga perlu diwaspadai. Biasanya sakit tenggorokan sepaket dengan batuk kering. Rasanya mirip dengan gejala awal mula batuk karena flu.

4. Pilek

Pilek atau ingus yang mengalir terus menjadi salah satu gejala covid varian BF 7. Namun beberapa orang di antaranya ternyata tidak mengalami masalah dengan pilek.

5. Kelelahan

Sebelum mulai merasakan sakit, demam, dan lainnya, semua dimulai dengan kelelahan. Tubuh yang terasa tak enak, meriang, dan lainnya menjadi pertanda awal mula gejala covid. Rasa lelah biasanya muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang tengah bekerja keras melawan virus yang masuk.

6. Muntah

Gejala Covid-19 yang berhubungan dengan masalah gastrointestinal ini bahkan akhir-akhir ini disebut cukup banyak dikeluhkan pasien.

Mual biasanya akan disertai dengan muntah. Rasa mual yang tak terbendung bisa menyebabkan perut bergejolak dan mendorong isinya untuk kembali naik ke tenggorokan. Akibatnya, Anda memuntahkan makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

7.  Diare

Penyebab diare menjadi salah satu gejala Covid-19 yaitu adalah bahwa virus SARS-CoV-2 bisa masuk dalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut.

Gejala diare pada pasien Covid-19 bisa muncul di hari kedua hingga hari keempat. Meski belum pernah dilaporkan adanya kondisi yang fatal akibat diare, tapi dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup dengan cara memastikan frekuensi buang air kecil dan warnanya kuning tidak pekat. Itu adalah beberapa gejala covid varian BF 7 yang harus diwaspadai.