Fitur View Once atau sekali lihat di aplikasi WhatsApp akan mendapatkan pengembangan, dari semula hanya untuk foto dan video bakal berlaku pula untuk teks.
Sejauh ini, fitur tersebut memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang hilang setelah penerima melihatnya.

Dilansir WABetaInfo, WhatsApp tengah mengembangkan pembaruan untuk fitur View Once dalam versi beta terbaru dari aplikasi Android WhatsApp. Hal ini memungkinkan pengguna mengirim pesan yang hanya dapat dilihat sekali sebelum menghilang.

Sama seperti fitur “View Once” saat ini, fungsi baru dapat berguna untuk mengirimkan informasi sensitif yang Anda tidak ingin penerima terus mengaksesnya, seperti kata sandi atau detail kartu kredit.

Ketika WhatsApp mengumumkan peluncuran View Once untuk foto dan video, mereka menggunakan contoh seseorang yang mengirimkan foto detail login Wi-Fi mereka sebut sebagai contoh yang mungkin berguna.

Dikutip dari The Verge, WhatsApp sendiri sudah menawarkan fitur pesan menghilang atau Dissapearing Messages yang memungkinkan pengguna mengatur setiap pesan yang dikirim dalam obrolan untuk menghilang setelah jangka waktu tertentu.

Namun fitur “View Once” yang baru hanya akan berlaku untuk pesan tertentu daripada seluruh percakapan, dan akan membuat pesan menghilang setelah dilihat, bukan setelah jangka waktu tertentu.

Fitur terbaru View Once kemungkinan dapat diakses melalui tombol di aplikasi yang memiliki logo kirim pesan biasa yang dikombinasikan dengan ikon gembok. Namun karena fitur ini masih dalam pengembangan, dan saat ini bahkan belum tersedia untuk penguji beta, desain ini dapat berubah sebelum dirilis secara resmi.

Lebih lanjut, WhatsApp saat ini mencegah penerima untuk dapat mengambil tangkapan layar dari foto dan video yang dikirim dengan fitur View Once jika mereka menggunakan versi terbaru aplikasinya, tetapi tidak jelas apakah perlindungan yang sama ini akan dimiliki pesan teks.