Seperti Ini Cara Menghapus History Google Chrome-Firefox, Aman Internetan

0
278
"Utrecht, The Netherlands - June 12, 2011: A magnifying glass on the Google homepage. Google is the most popular web search engine."

Ada banyak alasan untuk menghapus riwayat jelajah internet (browsing history) di HP atau laptop, biasanya untuk urusan privasi. Berikut, adalah cara menghapus history Google Chrome, Firefox, dan browser lainnya.

Usai memakai komputer yang digunakan bersama, misalnya, sebaiknya sejarah pencarian internet dihapus. Tujuannya, adalah agar aktivitas internet tidak bisa dilihat oleh orang tak dikenal.

Selain itu, riwayat internet bisa dihapus jika laptop atau HP dipinjam oleh anggota keluarga atau rekan di kantor. Apalagi, jika laptop atau HP dipinjam oleh anak.

Apapun alasannya, rutin menghapus riwayat internet di browser disarankan untuk menjaga privasi.

Setiap browser punya cara sendiri menghapus history internet. Berikut cara menghapus riwayat internet di berbagai jenis browser.

Cara ini bisa langsung dipraktikan dan riwayat akan segera terhapus dalam hitungan menit. Berikut informasinya, dirangkum dari PopSci, Jumat (9/12/2022):

1. Google Chrome

Untuk menghapus riwayat di Google Chrome, klik tiga titik untuk masuk ke menu. Berikutnya pilh Settings dan pada sidebar buka menu Privacy & Security.

Berikutnya pilih Clear browsing data. Kamu harus memilih periode waktu yang ingin dihapus setelah itu klik Clear data.

Sebagai catatan, jika kamu mengatur browser sinkron dengan komputer lain melalui akun Google maka saat menghapus riwayat pada satu perangkat akan terjadi hal yang sama di perangkat lain.

2. Mozila Firefox

Klik lebih dulu tiga garis horizontal di bagian kanan untuk masuk ke menu. Lalu pilih Settings > Privacy & Security dan scroll ke bawa hingga Cookies & Site Data.

Kamu bisa menghapus seluruh data dan mengelola data agar memiliki kontrol pada apa yang dihapus. Selain itu centang kotak yang menghapus data browsing setiap menutup Firefox jika tidak ingin melakukan secara manual.