Viral Cabut Komedo Pakai Putih Telur di Medsos, Jangan Ditiru!

0
339

Baru-baru ini viral video mencabut komedo dengan putih telur oleh seorang TikToker. Namun ahli tidak menyarankan Anda untuk mencoba cara ini di rumah.

Armen Adamjan, pemilik akun TikTok @creative_explained, mengoleskan putih telur pada hidung menggunakan kuas. Kemudian ia menutupinya dengan lapisan kertas tipis.

Dia pun membiarkan lapisan ini selama 10-15 menit lalu perlahan melepaskannya. Setelahnya, ia memperlihatkan komedo yang berhasil dicabut berkat putih telur. Video Adamjan jadi viral dengan 4,4 juta kali penayangan dan ribuan komentar.

Anda tergoda mencoba cara sederhana ini? Sebaiknya pikirkan dulu baik-baik. Rachel Robertson, ahli perawatan kulit dan pendiri Bedew Skin, menyebut penggunaan putih telur tidak efektif dan berpotensi bahaya.

“Putih telur memang mengandung enzim lisozim yang dapat memecah bakteri pada kulit, tapi putih telur sebagian besar terbuat dari air, sehingga manfaatnya sangat terbatas dibandingkan dengan produk yang dirancang untuk tujuan tertentu,” kata Robertson seperti dikutip dari Mirror.

Hanya saja, Adamjan mampu memperlihatkan komedo yang tercabut dan menempel pada lapisan kertas. Bukankah cara ini efektif?

Robertson menjelaskan kotoran yang tercabut sering disalahartikan sebagai komedo. Teknik ini bisa bekerja pada kotoran dan minyak area permukaan atau sebaceous filament.

Komedo yang sebenarnya, lanjut dia, perlu ekstraksi yang tepat. Kemudian sensasi kencang pada kulit disebabkan kandungan protein pada telur dan ini hanya berlangsung sementara.

Sementara itu, komedo sendiri adalah sejenis jerawat yang timbul akibat sel kulit mati dan minyak menyumbat pori. Memencet, mencabut dan mengeluarkan komedo dengan tangan bukan pilihan yang baik.

Seperti dilansir dari WebMD, berikut cara-cara aman untuk menghilangkan komedo.

1. Asam salisilat (salicylic acid)

Asam salisilat merupakan bahan yang banyak digunakan produk pembersih kulit. Asam salisilat akan memecah sel kulit mati dan minyak berlebih sebelum dapat menyumbat pori.

Anda bisa memilih produk perawatan kulit dengan kandungan asam salisilat. Sebaiknya pilih asam salisilat dengan konsentrasi rendah terlebih dahulu dan lihat reaksi kulit.

2. Retinoid

Retinoid akan membuka pori dan membantu memproduksi sel-sel kulit baru. Turunan vitamin A ini bisa ditemukan pada aneka jenama produk perawatan kulit. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kulit akan jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, penggunaan retinoid disarankan saat malam hari.

3. Ekstraksi

Ekstraksi tidak disarankan dilakukan di rumah. Dengan alat khusus, Anda akan memperoleh hasil optimal jika ekstraksi dilakukan di klinik kecantikan atau dokter kulit.

Sumber : CNN [dot] COM