Ampuh! Kamera Mobil Ini Dapat Berteriak Maling

0
280
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Salah satu perangkat unik yang diperkenalkan dalam Consumer Electronics Show 2023 bernama “Ring Car Cam”. Fungsinya semacam CCTV, tetapi khusus untuk dipasang di mobil.

Dengan penerapan teknologi canggih, Ring Car Cam punya segudang fitur untuk mencegah mobil dicuri orang. Ring Car Cam bisa mendeteksi gerakan di dalam dan luar mobil.

Selain itu, perangkat kecil-kecil-cabe-rawit ini juga bisa mengirimkan notifikasi dan video ke HP pengguna, ketika mendeteksi ada ‘gerakan’ mencurigakan di sekitar mobil.

Saat pencuri memasuki mobil dan menerima peringatan, pengguna bisa meneriaki mereka lewat Ring Car Cam, dikutip dari Tech Radar, Jumat (6/1/2023).

Perangkat ini buatan Amazon, jadi pengguna akan terhubung dengan asisten virtual Alexa besutan raksasa e-commerce tersebut. Mengaktifkan fungsi perangkat pun bisa menggunakan frasa biasanya seperti “Alexa, rekam”.

Tambahan lain dari perangkat ini, pengguna bisa membagikan gambar orang yang berperilaku aneh dan mencurigakan melalui akun Tiktok pribadi.

Tech Radar mencatat Ring Car Cam merupakan sistem kamera dashbord dua kamera. Perangkat mencakup kotak kamera, mikrofon, speaker, dan detektor gerakan.

Menurut laman tersebut kamera dapat dipasang di bagian dashboard mobil. Namun tidak jelas apakah Ring Car Cam bisa dipasang di bagian kaca depan kendaraan.

Ring Car Cam terhubung dengan adaptor OBD II dengan port OBD di mobil. Perangkat ini dihubungkan melalui kabel.

Ring Car Cam sudah bisa dipesan mulai pekan ini di Amerika Serikat. Harga perangkat tersebut dibanderol US$249,99 (Rp 3,9 juta).

Untuk menggunakan fitur mengunci mobil, pengguna perlu terhubung dengan Wifi. Bisa juga berlangganan US$6 (Rp 93.800) per bulan untuk terhubung ke jaringan LTE dengan Ring Protect Go.