ChatGPT yang semakin populer disebut dapat menggusur peran Google. Microsoft pun ingin memanfaatkan ChatGPT untuk membuat mesin pencari Bing semakin jago agar bisa mengalahkan Google.

The Information melaporkan Microsoft berencana mengintegrasikan teknologi di balik ChatGPT ke dalam Bing. Microsoft berharap dapat meluncurkan fitur baru ini sebelum akhir Maret untuk membuat Bing lebih kompetitif.

Belum diketahui perubahan seperti apa yang akan dibawa Bing setelah integrasi dengan GPT. The Information mengatakan integrasi ini akan membantu Bing memberikan hasil pencarian yang lebih ramah.

Sumber yang familiar dengan sistem Bing mengatakan Microsoft bisa menggunakan teknologi tersebut untuk menyajikan hasil pencarian sebagai jawaban kalimat lengkap dengan sumber informasinya. Jika Bing menyarankan kueri yang terkait dengan aslinya, GPT juga bisa menjelaskan relevansinya dengan lebih baik.

Teknologi ini juga bisa membantu Bing menyaingi fitur Knowledge Graph milik Google. Knowledge Graph merupakan database pengetahuan yang digunakan Google untuk menyajikan jawaban instan yang diperbarui secara reguler dari feedback pengguna dan web crawling.

ChatGPT sendiri merupakan chatbot yang mengandalkan model bahasa GPT 3.5 yang menggunakan deep learning untuk menghasilkan jawaban dalam bentuk teks yang terdengar alami. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan kecerdasan buatan OpenAI yang didirikan oleh Elon Musk.

Microsoft dan OpenAI memiliki hubungan yang sangat erat. Pada tahun 2019, Microsoft menyuntikkan dana sebesar USD 1 miliar kepada OpenAI. Sebagai bagian dari perjanjian itu, Microsoft kabarnya memiliki hak ekslusif untuk menggunakan generator teks GPT-3, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (5/1/2023).

Selain GPT, Microsoft juga berencana mengintegrasikan generator gambar DALL-E 2 buatan OpenAI ke Bing.Kedua perusahaan ini juga bermitra untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk supercomputing di layanan Microsoft Azure.

ChatGPT sendiri mulai banyak digunakan menjelang akhir tahun lalu setelah tersedia secara publik. Pengguna internet memanfaatkan ChatGPT untuk berbagai fungsi, mulai dari menjawab pertanyaan sampai membantu mengerjakan tugas sekolah.