iPhone 14 Pro Banjir Keluhan Pengguna, Ini Penyebabnya

0
615

Pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengeluh di media sosial karena mereka mengalami screen burn-in akibat penggunaan fitur Always on Display.

Burn-in terlihat sebagai after image yang tetap ada di layar bahkan setelah ponsel dimatikan. Gambar yang dibagikan secara online dengan jelas menunjukkan wallpaper layar kunci dan waktu yang ditampilkan di aplikasi WeChat.

Namun yang lebih memprihatinkan adalah laporan ini menunjukkan bahwa layar iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max cepat terbakar di area cutout Dynamic Island, sebuah lekukan kecil di bagian atas layar yang menampung kamera depan dan sensor lainnya.

Masalah tampak lebih jelas ketika pengguna menjalankan beberapa aplikasi, karena hal ini meningkatkan ukuran visual Dynamic Island, demikian dikutip dari Gizchina, Selasa (21/2/2023).

Belum jelas seberapa luas masalah ini. Namun, beberapa pengguna telah melaporkan masalah ini dan mencari bantuan dari layanan purna jual Apple.

iPhone 14 Pro lini pertama dengan isu burn-in?

Seorang pengguna melaporkan bahwa mereka diberitahu oleh karyawan Apple bahwa mereka belum pernah mengalami screen burn-in pada iPhone baru sebelumnya.

Namun, pengguna bisa mendapatkan penggantian layar gratis di bawah garansi Apple Care+ yang diperpanjang. Sementara pengguna lain mengatakan mereka baru memiliki iPhone 14 Pro kurang dari sebulan. Tapi burn-in dari Dynamic Island sudah ada di layar.

Saat ini, Apple belum mengomentari tentang keluhan pelanggan ini, dan tidak jelas langkah apa yang akan diambil perusahaan untuk mengatasinya.

Screen burn-in bukanlah masalah baru, dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, dengan fitur Always on Display, sepertinya masalah ini bisa menjadi lebih umum terjadi di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Untuk saat ini, penting bagi pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max untuk menyadari potensi screen burn-in dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risikonya.

Ini dapat mencakup menghindari fitur Always on Display atau mengurangi waktu aktifnya. Serta secara rutin mengganti wallpaper dan menghindari penggunaan aplikasi yang memiliki elemen statis.