Bahaya, Jangan Lihat Gerhana Matahari Hibrida Tanpa Kacamata Gerhana!

0
208

Gerhana matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023 besok. Gerhana matahari langka ini bisa terlihat juga di Indonesia. Tapi jangan lupa memakai kacamata khusus gerhana untuk melihatnya.

“Gerhana matahari hibrida adalah gerhana matahari yang memilki dua macam gerhana berbeda yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam satu fenomena,” tulis BRIN di akun Instagram-nya.

Peneliti Ahli Madya di Pusat Riset Antariksa BRIN Johan Muhammad menyebut bahwa gerhana matahari ini merupakan gerhana spesial.

“Di wilayah Indonesia, gerhana Matahari pada 20 April 2023 akan teramati sebagai gerhana Matahari total (GMT) dan gerhana Matahari sebagian,” ucapnya, dikutip dari situs BRIN.

Lampung dan Jakarta yang mengalami gerhana matahari sebagian mulai pukul 09.31 WIB, puncak gerhana sebagian pada pukul 10.44 WIB, dan akhir gerhana sebagian pada pukul 12.02 WIB.

Johan tak menyarankan pengamatan gerhana matahari secara langsung tanpa menggunakan filter khusus matahari.

Kenapa harus memakai kacamata gerhana? Melihat matahari bahkan saat gerhana akan menyebabkan kebutaan yang disebut solar retinopathy. Solar retinopathy adalah kerusakan mata permanen yang disebabkan karena melihat langsung ke matahari.

Retinopati matahari telah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Masalah penglihatan ini memengaruhi para astronom termasuk Sir Isaac Newton, yang pernah menggunakan cermin untuk melihat matahari dan melihat “bayangan selama berbulan-bulan”.

Mengutip Guardian, solar retinopati adalah kerusakan pada bagian belakang mata (fovea sentralis di retina) akibat paparan cahaya yang intens.

Hal ini biasanya disebabkan oleh sinar matahari atau gerhana termasuk gerhana matahari hibrida, tetapi juga dapat terjadi akibat melihat tanpa pelindung, melihat laser pointer dan dari beberapa pencahayaan bedah dan fotografi.

Sebuah proses yang disebut “fototoksisitas” terjadi ketika energi dalam cahaya membentuk radikal bebas yang merusak dan bereaksi dengan oksigen di dalam retina.Ini mengganggu epitel pigmen retina (lapisan sel pendukung di bawah retina) serta choriocapillaris (pembuluh darah) di bawahnya.

Fragmentasi fotoreseptor, sel saraf di dalam retina yang mendeteksi cahaya dan warna, mengikuti dan dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan sentral secara permanen.

Beberapa panjang gelombang cahaya yang menyebabkan solar retinopati – seperti radiasi ultraviolet-A dan panjang gelombang inframerah dekat – tidak terlihat oleh manusia, namun menyebabkan retinopati surya hanya dalam beberapa detik.Paparan ini tidak selalu menyakitkan pada saat itu.

Jadi, melihat gerhana – bahkan dengan sedikit atau tanpa cahaya tampak dan dilihat sebentar tanpa rasa sakit – dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Sampai saat ini, belum ada obat mujarab untuk menyembuhkan kebutaan permanen akibat melihat gerhana matahari, termasuk gerhana matahari hibrida.

Apa saja gejala yang terasa dari solar retinopati?

Gejala yang harus diwaspadai termasuk penglihatan kabur pada satu atau kedua mata dalam satu hingga dua hari setelah paparan.

Orang mungkin juga mengalami titik buta, penglihatan warna berubah, distorsi visual (garis lurus tampak kusut atau bergelombang), mikropsia (objek tampak lebih kecil dari biasanya), sensitivitas cahaya, dan sakit kepala.Mungkin tidak ada gejala sama sekali dalam beberapa jam pertama hingga satu hari.

Jika Anda memiliki gejala, jangan melihat gerhana lebih lanjut.Gunakan kacamata hitam dan obat penghilang rasa sakit (seperti parasetamol) untuk sensitivitas cahaya dan sakit kepala.