Gen Z Lebih Suka HP Jadul, Ini Alasan Smartphone Ditinggal

0
199

Smartphone canggih tak lagi jadi pilihan anak muda gen z. Mereka disebut lebih memilih menggunakan HP lama alias jadul.

Salah satu influencer, Jose Briones menjelaskan jika anak muda mulai bosan dengan smartphone. “Saya pikir Anda bisa melihatnya dengan populasi Gen Z tertentu – mereka bosan dengan layar (smartphone),” kata salah satu influencer ‘dumb phone’ Jose Briones, dikutip dariĀ CNBC International, Kamis (6/4/2023).

“Mereka tidak tahu apa yang terjadi dengan kesehatan mental dan mereka berusaha melakukan pengurangan,” imbuh moderator subreddit, “r/dumbphones.” itu.

Salah satu merek yang masih menjual HP jadul adalah HMD Global. Perusahaan menjual jutaan perangkat Nokia yang sama dengan saat dikeluarkan awal 2000-an lalu.

Ternyata upaya tersebut berbuah manis. Karena penjualan feature phone di Amerika Serikat (AS) milik HMD Global melonjak tajam tahun lalu.

Jumlahnya mencapai puluhan ribu unit terjual perbulannya. Di saat bersamaan, penjualan di global mengalami penurunan.

Dalam laporan Counterpoint Research menyebutkan 80% feature phone tahun lalu berasal dari Timur Tengah, Afrika dan India. Namun sejumlah orang melihat ada pergeseran dengan kemungkinan anak muda AS kembali ke HP jadul.

“Di Amerika Utara, pasar dumb phone cukup datar,” kata Moorhead. “Tapi saya bisa melihatnya meningkat hingga 5% dalam lima tahun ke depan jika, berdasarkan masalah kesehatan masyarakat yang ada di luar sana.”

Perusahaan yang melayani tren, seperti Punkt dan Light diketahui menjual sejumlah perangkat untuk mereka yang ingin menghapuskan lebih sedikit waktu di ponsel dan media sosial.

Tren HP jadul juga telah masuk ke media sosial. Banyak influencer yang membicarakannya di Youtube.

“Light bukan menawarkan ‘HP bodoh’, tetapi HP yang tujuan penggunaannya lebih spesifik. HP premium, minimum, tidak berarti anti teknologi. Intinya adalah secara sadar memilih bagaimana dan kapan menggunakan teknologi yang menambah kualitas hidup pengguna,” kata pendiri Light, Joe Hollier.