Cuaca Panas Masih Hantam RI, Ini Wilayah & Jam Paling Ekstrem

0
265
Pabrik Samsung di Vietnam. Foto: Reuters Baca artikel detikinet, "Samsung Gelontorkan Rp 242 Triliun Buat Bangun Pabrik Chip" selengkapnya https://inet.detik.com/business/d-5826400/samsung-gelontorkan-rp-242-triliun-buat-bangun-pabrik-chip. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Cuaca panas masih akan menghantam RI hari ini, Senin (1/5/2023). Hal ini terlihat dari data Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait informasi indeks ultraviolet sinar matahari (UV) di wilayah Indonesia.

Dalam twitternya, indeks UV kategori berbahaya (merah) dan ekstrem (ungu) mulai tampak di kawasan timur Indonesia pada pukul 08.00 WIB. Kemudian indeks UV kategori berbahaya dan ekstrem meluas hingga Kalimantan dan Sumatra pada pukul 11.00 WIB.

Kondisi tersebut bertahan hingga pukul 13.00 WIB. Memasuki pukul 14.00 WIB, indeks UV semakin berkurang hingga pukul 17.00 WIB.

Perlu diketahui, merah menunjukan UV indeks berada di 8-10. Indikator ungu menunjukkan, UV indeks di atas 11.

Untuk itu, warga diharapkan keluar rumah dengan pelindung. Karena kulit dan mata data rusak dan terbakar dengan cepat.

Warga diminta meminimalisir waktu di bawah paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Selain pelindung seperti topi lebar, dan kacamata hitam, diminta juga memberikan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat.