Peringatan Google, Cepat Hapus File Ini dari HP Android Lemot

0
180
CEO Google Sundar Pichai. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
CEO Google Sundar Pichai. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Banyak hal yang bisa membuat memori HP penuh, salah satunya foto, video dan file-file lainnya.

Menurut Google, terdapat 5 jenis file yang diminta dihapus dari HP jenis Android. Terutama, bagi para pengguna kapasitas penyimpanannya sudah mulai penuh.

Sebab kapasitas memori HP yang penuh akan membuatnya lemot. Maka dari itu, Google mengingatkan pengguna mengosongkan ruang penyimpanan.

Inilah 5 file yang harus dihapus tersebut menurut Google, dirangkum dari The Sun

1.Foto

Ingat, jika foto dan video akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Jadi segera hapus atau cadangkan ke tempat lain, baru dihapus untuk mengosongkan memori HP.

Simak langkah-langkah ini untuk menghapus foto di perangkat Android:

– Buka aplikasi Google Photos
– Kemudian, masuk ke Akun Google Anda
– Selanjutnya, ketuk dan tahan foto atau video yang ingin Anda hapus
– Di bagian atas layar, ketuk tombol Hapus.

2. Media

File lain yang perlu dihapus adalah media, mulai dari film hingga musik. Anda hanya perlu masuk ke aplikasi dengan konten media yang ingin dihapus, misalnya Play Music atau Play Movies & TV. Berikutnya klik menu pengaturan dan klik kelola unduhan, nantinya akan bisa menekan item yang ingin diunduh dan menekan tombol hapus.

3.Aplikasi

Anda pasti punya banyak aplikasi yang tidak digunakan namun masih bertengger di dalam ponsel. Segera hapus aplikasi-aplikasi tersebut, dan jika diperlukan di masa depan Anda masih bisa mengunduhnya lagi.

Selain itu, Google menyarankan untuk membersihkan cache dan data aplikasi. Menghapus cache artinya menghapus data sementara, sedangkan hapus penyimpanan data maka akan menghapus permanen seluruh data yang disimpan dalam aplikasi.

4.Arsipkan Otomatis

Jika Anda tidak bisa menghapus aplikasi, bisa juga dengan mengarsipkan aplikasi secara otomatis. Caranya dengan buka Play Store, lalu masuk ke menu Pengaturan dan pilih opsi umum. Berikutnya aktifkan atau matikan pengarsipan otomatis.

5.Hapus File Download

Cara termasuk mengosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus file yang diunduh di HP Anda. Caranya bergantung pada perangkat, jadi cek dulu dukungan pabrik sesuai merek dan jenis HP untuk mengetahui petunjuk caranya.