Meski industri video game saat ini tampak mewah, ada sisi lain yang membuatnya terlihat sekarat. Ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan Video Game History Foundation (VGHF) dan Software Preservartion Network.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa 87% game jadul di Amerika Serikat hampir punah. Mereka menyatakan kalau itu pasti terdengar gila, padahal industri ini memiliki nilai USD 180 miliar atau sekitar Rp 2.712 triliun, akan tetapi sejarahnya malah menghilang.

Dalam studi itu, kedua kelompok menemukan bahwa game jadul yang dimaksud tadi tidak dirilis secara merata. Hal inilah yang menyebabkan banyak judul klasik terancam punah.

Untuk mendapatkan sembilan dari sepuluh judul klasik saat ini, gamer bisa memperolehnya di perpustakaan atau melakukan pembajakan. Sebab menurut mereka, sebagian besar judul retro tidak lagi tersedia secara komersial.

Untuk ‘klasik’ atau ‘jadul’ yang dimaksud ialah game yang rilis sebelum tahun 2010. VGHF menjelaskan, itu adalah tahun ketika distribusi game digital mulai lepas landas.

Studi ini sendiri mencakup tiga kategori, yakni Commodore 64, Game Boy, dan PS2. Di sini mereka mengamati lebih dari empat ribu game, yang dipantau hampir empat bulan oleh tim sukarelawan VGHF dan University of Washington School.

Hasilnya pun cukup mengejutkan, karena hanya 4,5% dari game Commodore 64 yang masih dicetak. Sedangkan Game Boy tidak jauh lebih baik, mengingat hanya 5,9% yang masih tersedia.

Menurut penelitian, lebih dari setengah perpustakaan Game Boy lenyap saat 3DS dan Wii U eShops offline awal tahun ini. Bagaimana dengan PS2? Ternyata sedikit lebih mudah didapatkan, meski situasinya juga semakin memprihatinkan.

Walaupun sistemnya cukup populer di pasar saat ini, hanya 12% dari game-nya yang masih bisa diakses. Nah sisanya sebanyak 88% tidak tersedia atau terlalu langka dan mahal bila ingin dimainkan gamer.

Ini cukup menyedihkan, mengingat game jadul menjadi faktor utama hingga industri ini bisa sepopuler sekarang. Kendati begitu memang tidak bisa dipungkiri, bahwa kedatangan game baru dengan gameplay yang seru dan kualitas grafis lebih memukau, mampu menutup mata banyak gamer tidak lagi melihat ke masa lalu.