Astronaut mendengar bunyi-bunyian aneh di permukaan sisi jauh Bulan saat bertugas dalam misi Apollo 10 pada tahun 1969. Suara itu terekam dalam file audio dari misi tersebut.

Dikutip dari Live Science, berdasarkan transkrip rekaman dari misi Apollo 10 yang dirilis oleh NASA pada tahun 2008, astronaut membicarakan tentang ‘musik luar angkasa’ yang dapat didengar di dalam pesawat antariksa.

Suara tersebut berhenti setelah sekitar satu jam, dan para astronaut mendiskusikan apakah mereka harus memberi tahu ruang kontrol NASA di Bumi terkait pengalaman tersebut.

Saat itu, para astronaut berada di luar kontak dengan Bumi karena orbit modul komando telah membawa mereka ke sisi jauh Bulan, atau tepatnya sisi yang secara permanen menghadap jauh dari Bumi.

Pada Februari 2016, NASA mempublikasikan rekaman audio tersebut dalam sebuah film dokumenter tentang misi Apollo 10. Misi ini merupakan uji coba pendaratan Bulan yang kemudian diteruskan oleh misi Apollo 11 yang terjadi di tahun yang sama.

Saat misi Apollo 11 mendapat giliran bertugas, teknisi NASA dan astronaut Apollo 11 Michael Collins mendengar suara serupa di sisi jauh Bulan. Namun ia mengira suara itu adalah ‘musik’ yang mungkin disebabkan oleh gangguan radio antara instrumen modul perintah dan modul Bulan ketika mereka berdekatan.

“Teknisi radio (bukan penggemar UFO) memiliki penjelasan yang lebih masuk akal. Itu adalah interferensi antara radio VHF Lunar Module dan Command Module,” kata Collins.

NASA pun mengkonfirmasi penjelasan ini ketika mereka merilis rekaman video tersebut di tahun 2016. Penasaran seperti apa bunyi-bunyi aneh itu terdengar? Kalian bisa mendengarkannya lewat video di bawah ini.