Susah Sinyal, Guru Dilombok Panjat Tiang Demi Absen Online

0
155

Pemerataan infrastruktur telekomunikasi nampaknya belum menyentuh ke semua penjuru Indonesia. Salah satunya terlihat dalam sebuah video Tiktok yang memperlihatkan upaya sejumlah guru di Lombok Tengah mencari sinyal.

Video Tiktok dari akun Lensamandalika berisi sejumlah orang yang mencari sinyal. Salah satunya seorang bapak yang berdiri di atas pohon sambil menggunakannya HPnya.

Berikutnya terlihat seseorang yang memanjat tiang bendera. Saat berhenti, orang tersebut mengarahkan ponselnya ke arah langit.

Video itu juga menuliskan caption “Guru di Lombok Tengah Susah Sinyal Buat Absen Online”. Dalam keterangan tempatnya berada di wilayah Lombok Tengah.

Unggahan yang hampir sama juga terlihat dalam akun Facebook bernama Haji Wildan. Dia menjelaskan pengisian absensi online diterapkan untuk tingkat SD dan SMP.

Pengguna Facebook itu juga menyinggung soal sinyal yang gangguan dan lelet membuat kehebohan dalam pengisian tersebut. Selain juga ada masalah pada aplikasi.

Dalam captionnya, dia menyertakan tiga foto yang disebut diambil di beberapa wilayah Lombok Tengah.

Sama seperti video di Tiktok, foto-foto tersebut memperlihatkan beberapa orang yang tengah berada di atas pohon atau ketinggian. Mereka juga mengarahkan ponselnya ke bagian atas atau langit seperti sedang mencari sinyal.

Dua postingan itu juga langsung disebut banyak komentar. Misalnya ada yang menuliskan unggahan tersebut pertanda pemerintah belum siap meluncurkan program, karena tidak mengukur kemampuan daerah soal akses internet.

Ada pula yang menyemangati para guru. Selain itu beberapa komentar menyatakan permasalahannya bukan pada sinyal. Melainkan aplikasi untuk mengisi absen online.