9 Cara Terbukti untuk Mengurangi Resiko Kanker

0
127

Kata “C” yang ditakuti membuat kita merasa ngeri – dan dengan begitu banyak orang didiagnosis setiap hari, mencegah kanker sepertinya tidak dapat diatasi. Tapi kanker tidak berkembang dalam semalam, dan ada beberapa cara untuk secara dramatis mengurangi risiko kanker Anda hanya dengan mengutak-atik aktivitas sehari-hari seperti makan, minum, dan berolahraga.

Untuk menghormati Hari Kanker Sedunia, Organisasi Kesehatan Dunia telah mengidentifikasi sembilan cara untuk mengurangi risiko dan memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan:

Jangan merokok – atau gunakan segala jenis tembakau. Jika Anda tidak pernah merokok atau sudah berhenti, selamat – Anda tidak perlu melakukan apapun. Jika Anda merokok atau menggunakan produk tembakau, Anda bisa mengurangi risiko kanker Anda dengan berhenti sekarang. Berhenti merokok tidak begitu mudah, tapi manfaatnya hampir seketika: Pakar medis telah menemukan bahwa kesehatan seseorang dapat membaik dalam hitungan menit dari embusan terakhir (atau tembakau) – dan keuntungan kesehatan dapat bertahan seumur hidup. Berikut adalah rencana langkah-demi-langkah sederhana untuk Anda mulai.

Jadikan rumah Anda (dan mobil) bebas asap rokok. Baiklah, jadi Anda tidak menggunakan tembakau, tapi apakah sisa hidup Anda dalam asap? Semua bahan penyebab kanker pada rokok, cerutu, dan pipa juga ditemukan pada asap rokok bekas. Bahkan sisa-sisa asap tembakau di permukaan, yang dikenal sebagai asap rokok, bisa menjadi bahaya kesehatan. Jika Anda tinggal dengan perokok, mintalah dia untuk berhenti – atau merokok di luar, jauh dari rumah atau mobil Anda. Orang dewasa, anak-anak, dan bahkan hewan peliharaan semuanya berisiko terkena bahaya asap rokok bekas dan bekas.

Jadilah aktif secara fisik. Kita semua tahu bahwa bergerak melakukan tubuh dengan baik, tapi tahukah Anda bahwa itu memainkan peran besar dalam mencegah kanker juga? Meyakinkan penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko kanker payudara dan usus besar dan penelitian sedang berlangsung yang menghubungkan manfaat aktivitas dengan risiko lebih rendah untuk kanker lainnya. Butuh program yang mudah untuk mengeluarkanmu dari sofa? Mulailah bergerak dengan rutinitas latihan sederhana ini yang bisa Anda lakukan hanya dalam 20 menit sehari!

Makanlah diet sehat jantung. Ingin dorongan kesehatan tertinggi? Makan saja lebih baik Diet anti kanker hanya kebetulan menjadi rencana makan sehat jantung, dan ini sangat sederhana: Makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran, beralihlah ke biji-bijian, batasi garam Anda, dan pilihlah minyak dan lemak sehat. Berikut adalah sepuluh makanan untuk ditambahkan ke pertahanan anti-kanker harian Anda.

Batasi asupan alkohol Anda. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan bahwa kanker terkait alkohol menyumbang 3,5 persen dari semua kematian akibat kanker di Amerika Serikat pada tahun 2009. Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa mungkin ada manfaat untuk minum alkohol secukupnya, yang terbaik adalah melakukan abstain atau perhatikan jumlah yang Anda minum. CDC merekomendasikan tidak lebih dari satu gelas per hari untuk wanita dan dua untuk pria.

Hindari terlalu banyak sinar matahari dan gunakan proteksi. Jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa wanita yang memiliki setidaknya lima sengatan sinar matahari antara usia 15 dan 20 memiliki 80 persen peningkatan risiko melanoma. Faktanya adalah kebanyakan kanker kulit dapat dicegah dengan perawatan kulit yang baik, dan itu berarti menghindari paparan sinar matahari yang berkepanjangan dan memakai tabir surya setiap hari (tidak hanya pada hari-hari cerah). Jadikan pencegahan kanker kulit sebagai prioritas, dan gunakan lotion dan pelembab yang mengandung SPF.

Menyusui untuk mengurangi risiko kanker Anda. Jika saat ini Anda sedang menyusui (atau pernah menyusui di masa lalu), Anda melakukan tugas ganda – memberi bayi Anda manfaat yang tak terhitung banyaknya dan mengurangi risiko kanker Anda dalam prosesnya. Menyusui menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, yang merupakan faktor pelindung kanker payudara.

Pastikan anak-anak Anda terkena vaksin Hepatitis B dan HPV. Dengan wabah campak, pentingnya memvaksinasi anak Anda tidak pernah terbukti. Tapi tahukah Anda bahwa vaksinasi dua anak dapat menangkal kanker di kemudian hari? Hepatitis B, virus yang menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh, menyebabkan 80% dari semua kanker hati primer. Sejak tahun 1990, tingkat hepatitis B telah turun lebih dari 80% – akibat langsung dari vaksin hepatitis B. Human papillomavirus, atau HPV, adalah kelompok yang memiliki lebih dari 150 virus menular seksual yang dapat menyebabkan kanker dubur, serviks, penis, vagina, dan vulva. CDC merekomendasikan agar anak laki-laki dan anak perempuan divaksinasi antara usia 11 dan 12 tahun, sementara tubuh sedang membangun kekebalan dan jauh sebelum usia aktivitas seksual.

Ikut serta dalam program skrining kanker. Salah satu terobosan terpenting dalam perang melawan kanker adalah kemampuan untuk menangkap kanker pada tahap awal. Pemutaran dan tes reguler seperti mammogram, colonoscopies, dan ujian prostat direkomendasikan untuk kelompok usia tertentu. Berbicaralah kepada dokter Anda secara teratur mengenai pemeriksaan kanker berdasarkan faktor risiko, usia, dan riwayat kesehatan Anda.