Penjualan pelopor chip Imajinasi menimbulkan ketakutan China

0
99

Pemerintah telah menyatakan keprihatinannya atas pengambilalihan yang potensial dari perancang microchip iPhone Inggris oleh perusahaan ekuitas swasta yang didukung oleh China.

Pejabat telah melakukan kontak informal dengan para bankir yang bekerja dalam pelelangan Imagination Technologies mengenai minat dari Canyon Bridge Capital Partners, yang berbasis di Silicon Valley namun didanai oleh otoritas Beijing. Tidak jelas apakah Pemerintah akan berusaha untuk memblokir penjualan atas masalah keamanan, dengan keterlibatannya sejauh ini digambarkan oleh seorang sumber sebagai “banyak gertakan dan tidak ada yang sangat membantu”.

Imajinasi telah menempatkan dirinya untuk dijual setelah Apple menarik steker pada kesepakatan teknologi grafis lama yang telah menjadi fondasi bisnisnya, menyebabkan saham tersebut jatuh 70pc.

IPhone pertama yang mengandalkan microchip yang dirancang in-house oleh raksasa Silicon Valley diresmikan minggu lalu.

Sunday Telegraph mengungkapkan pendekatan dari Canyon Bridge pada bulan Juli. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan penasihat di Citigroup untuk mengajukan penawaran potensial. Ketakutan keamanan telah mengganggu ambisi microchip Canyon Bridge di Amerika Serikat.

Presiden Trump minggu lalu memblokir pengambilalihan yang disetujui $ 1,3 juta ($ 0,96 miliar) dari Lattice Semiconductor, produsen hi-tech yang berbasis di Oregon.

Steven Mnuchin, sekretaris keuangan AS, mengatakan bahwa langkah tersebut sesuai dengan “komitmen pemerintah untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjamin perlindungan keamanan nasional AS”.

Ini memicu kemarahan di Beijing, di mana partai komunis tersebut telah membuat perkembangan internasional industri microchip Cina menjadi papan utama dari rencana ekonominya. Pejabat mengatakan “pemeriksaan keamanan pada investasi sensitif adalah hak sah suatu negara, namun tidak boleh digunakan sebagai alat proteksionis”.

Ini adalah salah satu dari sedikit waktu dalam tiga dekade terakhir ketika otoritas presiden telah digunakan untuk menghalangi pengambilalihan asing.

Dalam upaya untuk menghindari pengamatan Trump atas Imajinasi, Jembatan Canyon dipahami difokuskan pada tawaran potensial yang akan mengecualikan unit AS-nya.

Perusahaan yang berbasis di Hertfordshire, yang pernah dihargai di pasar saham dengan harga hampir £ 2 miliar, membayar $ 100 juta untuk bisnis pada tahun 2012 dalam usaha yang tidak menguntungkan untuk memperluas teknologi grafis dan menantang ARM di pasar untuk prosesor mobile umum. Pengambilalihan yang direncanakan akan menjadi ujian tekad Theresa May untuk menghadapi pengambilalihan asing di sektor-sektor utama ekonomi untuk belajar lebih banyak.

Manifesto Konservatif menjanjikan kekuatan baru sehingga “Pemerintah dapat meminta tawaran untuk dijeda agar memungkinkan pengawasan yang lebih besar”.

Namun, penampilan lemah Nyonya May pada pemilihan umum berarti usulan tersebut tidak muncul dalam Pidato Ratu.

Jembatan Canyon belum bisa menghadapi tawaran saingan dari pemain industri seperti Rambus, raksasa microchip memori AS yang ingin melakukan diversifikasi. ARM telah mengesampingkan tawaran, menurut sumber yang mengetahui rencananya.