Keseleo: Penyebab, Pengobatan & Pencegahan

0
2260

Keseleo terjadi saat ligamen tubuh membesar atau robek. Ligamentum adalah jaringan fibrosa yang menghubungkan tulang pada sendi. Inilah sebabnya mengapa keseleo dilokalisasi di sekitar persendian seperti pergelangan kaki, lutut dan bahu.
Penyebab & gejala

Biasanya, ligamen bisa melebar dan kembali ke tempatnya saat seseorang bergerak. Kadang-kadang, meskipun, ligamen didorong melampaui kemampuan normalnya dan menyebabkan keseleo. Sendi apapun dapat dipengaruhi oleh keseleo jika ligamen tiba-tiba didorong, dipelintir atau terkena benturan. Jenis keseleo yang paling umum adalah keseleo pergelangan kaki, menurut Mayo Clinic.

Orang-orang yang terlibat dalam olahraga lebih cenderung melukai ligamen mereka, meskipun ada orang yang dapat mengalami keseleo. Misalnya, jika seseorang tersandung dan menangkap jatuhnya dengan tangan mereka, mereka bisa menyengat pergelangan tangan mereka. Memutar lutut sambil menari, berlari atau hanya menaiki tangga bisa menyebabkan keseleo lutut. Seseorang bahkan bisa menyumpahi jari dan jempol.

Gejala keseleo termasuk suara popping saat terjadi luka, memar, nyeri, bengkak dan gerakan terbatas untuk sendi yang terkena.

Keseleo juga bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Misalnya, keseleo di pergelangan tangan bisa menyebabkan carpel tunnel syndrome (CTS). Gejala CTS dapat dimulai dengan rasa tidak enak malam atau kesemutan, bersamaan dengan nyeri tangan dan yang terkena harus mendapat bantuan medis, menurut Dr. Shari Liberman, ahli bedah ortopedi tangan dan ekstremitas atas di Houston Methodist Hospital. “Biasanya, pasien akan terbangun di malam hari dengan gejala tersebut dan harus melepaskan tangan untuk menghilangkan rasa sakit,” kata Liberman. “Gejalanya bisa berlanjut sampai mati rasa atau kesemutan di siang hari.”

Keseleo dan ketegangan

Pingsan dan strain memiliki banyak gejala yang sama, tapi keduanya tidak sama. Strain adalah saat tendon membentang atau air mata, sementara keseleo mempengaruhi ligamen. Tendon adalah tali dari jaringan yang menghubungkan tulang ke otot-otot di tubuh.

Whiplash adalah kondisi yang sering melibatkan kedua keseleo dan ketegangan. Whiplash adalah luka pada jaringan lunak leher akibat gerakan paksa, yang sering disebabkan oleh kecelakaan mobil. Hal ini dapat mempengaruhi otot, sendi, cakram, saraf, ligamen dan tendon, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke. Whiplash sering diklasifikasikan sebagai cedera sekunder gegar otak, Kenneth Podell, seorang neuropsikolog di Houston Methodist Hospital, mengatakan kepada Live Science.
Pengobatan

Seorang profesional medis biasanya melakukan pemeriksaan fisik terhadap area yang cedera untuk mencari gejala keseleo. Magnetic Resonance Imaging (MRI) dapat digunakan untuk melihat seberapa besar ligamen terpengaruh. Jika tulang bisa patah, profesional medis mungkin memesan sinar-X.

Ada tiga jenis keseleo, dinilai dengan tingkat keparahannya. Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons, tiga jenis strain adalah:

Keseleo kelas 1 (ringan): Ini termasuk sedikit peregangan dan beberapa kerusakan pada serat ligamen.
Keseleo kelas 2 (sedang): Ini termasuk robekan sebagian dari ligamen.
Keseleo kelas 3 (parah): Ini melibatkan robekan lengkap ligamen.

Kilauan sederhana biasanya hanya butuh waktu untuk menyembuhkan, istirahat dan sedikit perawatan. Ingat prosedur BERAS: istirahat, es, kompresi dan ketinggian. Pereda nyeri over-the-counter seperti ibuprofen (Motrin IB, Advil) atau acetaminophen (Tylenol) dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, dan paket es dapat diterapkan untuk mengurangi pembengkakan. Paket es harus ditempatkan di area 20 menit empat sampai delapan kali sehari, menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Daerah juga harus ditinggikan dan kompresi harus diaplikasikan dengan menggunakan pembalut kompresi.

Dalam kasus yang lebih parah, seorang profesional medis dapat melumpuhkan area tersebut dengan penjepit. Jika ada ligamen robek atau pecah otot, operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah, menurut Mayo Clinic.
Pencegahan

Latihan otot, latihan peregangan dan stabilitas adalah langkah penting untuk mencegah ketegangan karena otot-otot tetap kuat dan fleksibel. Seorang profesional medis harus diajak berkonsultasi untuk latihan terbaik. Profesional medis akan mempertimbangkan jenis olahraga dan aktivitas yang diminati oleh individu untuk mendapatkan rekomendasi pelatihan terbaik.

Latihan pemanasan, seperti joging ringan, sebelum aktivitas berat juga bisa membantu menghindari keseleo. Selain itu, hindari berlari, berolahraga atau berolahraga saat lelah atau kesakitan.