MotoGP Jepang: Rossi berbicara leg, rem jempol, membantu Vinales?

0
97

“Ini adalah situasi yang menarik karena ketiga pabrikan tersebut memiliki pebalap kedua yang cepat dan mungkin bisa membantu pembalap pertama …” – Valentino Rossi.

Valentino Rossi mengatakan dia belum diminta untuk membantu atau memberi ruang tambahan bagi rekan setimnya Yamaha Maverick Vinales dalam pertarungan gelar MotoGP … belum.

“Saat ini, tidak, biasanya Yamaha tidak melakukannya, tapi sangat tergantung dari kejuaraan. Jika akan sangat, sangat dekat, mungkin saja” kata juara dunia sembilan kali, berbicara di Motegi paddock pada malam MotoGP Jepang akhir pekan ini.

Juara bertahan Honda Marc Marquez memulai putaran ‘flyway’ yang membawa keunggulan 16 poin atas Ducati Andrea Dovizioso, dengan Vinales unggul 28 poin dengan empat seri, 100 poin untuk dimainkan.

Tapi ketiganya juga memiliki rekan satu tim yang sangat kuat – Rossi di Yamaha, Dani Pedrosa di Honda dan Jorge Lorenzo di Ducati – menciptakan situasi ‘menarik’.

“Ini adalah situasi yang menarik karena ketiga pabrik tersebut memiliki pebalap kedua yang cepat dan mungkin bisa membantu pembalap pertama untuk kejuaraan,” kata Rossi. “Jadi kita akan lihat!”

Juara dunia sembilan kali itu menempati urutan ketiga dan finis kelima saat kembali dari tibia kanan dan fibula yang retak terakhir kali di Aragon. Orang Italia sekarang hampir dua kali lipat waktu pemulihannya menjadi 42 hari menjelang acara Motegi akhir pekan ini.

“Kaki saya pasti jauh lebih baik, saya memiliki minggu ekstra ini, yang sangat penting karena setelah Aragon saya menderita sedikit,” katanya. “Kaki sekarang jauh lebih baik, tetap ada rasa sakit tapi buat saya di motor saya kira saya bisa naik, karena toh kaki lebih baik dari Aragon, saya tidak 100% pasti, juga soal latihan karena saya harus Ubah sedikit, tapi aku merasa baik, tidak terlalu buruk. ”

Ditanya apakah dia akan terus menggunakan rem belakang yang dioperasikan ibu jari, yang dikreditkan dengan membantu comeback awalnya, Rossi mengungkapkan bahwa dia benar-benar telah menjalankannya sebelum dia terluka.

“Saya sudah terbiasa sebelum masalah,” dia tersenyum.

Dari awal musim?

“Permulaan tidak, tapi setelah lima atau enam balapan yang saya pikirkan, bagi saya, untuk masalah kaki saya, itu bagus dan bisa membantu Dan itu adalah sesuatu yang bisa membantu secara umum di beberapa tempat.”

Dan apakah ramalan hujan itu bagus untuk peluang Rossi akhir pekan ini?

“Kalau basah rasanya akan sangat memalukan karena di jalur ini saya rasa kita bisa kompetitif di musim kering. Tahun lalu saya sangat kompetitif di musim hujan, tahun ini tidak banyak, jadi saya berharap untuk yang kering.”

“[Masalah kita dalam keadaan basah] sama dengan yang kering, setelah beberapa putaran ban belakang mulai kehilangan banyak grip. Panas penuh tidak begitu buruk, tapi kalau tidak banyak air yang kita derita. Jadi kita perlu mengerti karena tahun lalu kami sangat kuat. ”

Rossi – yang absen di rumah Misano – telah kehilangan 56 poin dari Marquez, yang berarti The Doctor sekarang merupakan pembalap kelima dan terakhir yang masih dalam pertarungan kejuaraan matematika dengan empat putaran tersisa.

Pebalap Italia dan kemudian rekan satu timnya Jorge Lorenzo keduanya tersingkir dari balapan Motegi tahun lalu, menyerahkan gelar 2016 kepada Marquez lebih awal dari yang diperkirakan.