Obat herbal ginkgo biloba ‘bisa membantu pemulihan stroke’

0
1153

Sebuah studi mengklaim bahwa ekstrak herbal ginkgo biloba yang populer dapat membantu untuk memulihkan fungsi otak setelah stroke.

Obat herbal, tersedia di toko makanan kesehatan dan beberapa apotek di Inggris, digunakan di China untuk membantu menguatkan memori dan melawan depresi.

Dalam percobaan 330 pasien stroke selama enam bulan di China, suplemen tersebut dikaitkan dengan skor keterampilan kognitif yang lebih baik pada tes.

Para ahli mengatakan bukti untuk ginkgo masih terlalu lemah untuk merekomendasikan hal ini.

Mereka yang berada di belakang penelitian kecilĀ  yang dipublikasikan di jurnal online Stroke & Vascular Neurology mengakui bahwa diperlukan percobaan yang lebih besar dan lebih lama.

Ini dilakukan oleh Nanjing University Medical School, dengan pasien dari lima rumah sakit di China.

Semua 330 peserta memulai persidangan dalam waktu seminggu setelah mengalami stroke iskemik. Usia rata-rata pasien adalah 64.

Kira-kira setengah dari mereka diberi 450 mg ginkgo biloba setiap hari, selain 100mg aspirin, sedangkan sisanya hanya diberi aspirin.

Selama stroke, darah yang memasok bagian vital otak terganggu, sering menyebabkan gangguan memori dan penurunan kognitif dan penalaran di antara korban stroke.

Periset ingin melihat apakah menggabungkan ginkgo biloba dengan aspirin dapat membantu mengurangi atau menghentikan penurunan kognitif.

Studi eksperimental sebelumnya pada hewan menunjukkan bahwa ginkgo biloba melindungi terhadap kematian sel saraf yang terkait dengan pembekuan darah di otak, kemungkinan dengan meningkatkan aliran darah di arteri serebral.