Sekretaris Pertahanan AS Terpukau Atraksi Prajurit TNI

0
1189

Sekretaris Pertahanan A.S. Jim Mattis melihat saat tentara meminum darah ular, berguling-guling di kaca dan membakar batu bata yang terbakar saat demonstrasi militer langka oleh tentara Indonesia di Jakarta pada hari Rabu.

Kepala Pentagon terbiasa melihat pasukan asing melakukan demonstrasi militer yang lebih rutin selama perjalanan luar negeri dan, menjelang acara hari Rabu, pers yang bepergian dengan Mattis mengharapkan latihan penyelamatan sandera.
Upacara di markas angkatan bersenjata Indonesia jauh lebih teatrikal, namun, bahkan dengan seorang tentara yang ditutup matanya menembakkan sebuah balon yang berada di antara kaki salah satu rekannya. Sedikitnya satu tembakan meleset dan melukai tentara tersebut, yang mengertakkan gigi karena sakit sampai dia berada di luar area pertunjukan utama.
Dengan suara pemukulan genderang, tentara Indonesia melakukan serangkaian teknik bela diri yang mencekam, memecahkan batu bata beton dengan kepala mereka. Mereka juga menghancurkan tumpukan blok yang terbakar dengan tangan mereka.
Mengenakan tudung untuk membutakannya, seorang tentara Indonesia yang memegang pisau memotongnya dengan mentimun yang mencuat dari mulut rekannya, hanya beberapa sentimeter dari hidungnya yang mencolok dengan pisau panjang itu.

Mungkin yang menjadi sorotan adalah demonstrasi yang melibatkan ular hidup, yang dibawa pasukan Indonesia ke dalam tas dan bertebaran di tanah, hanya beberapa kaki dari tempat Mattis berdiri. Itu termasuk King Cobra, yang melebarkan lehernya seolah-olah akan menyerang. Para prajurit kemudian memotong kepala ular dan memberi makan darah ular satu sama lain, saat kerumunan orang melihat ke atas. Sedikitnya satu tentara Indonesia menggigit ular menjadi dua. Pada akhir demonstrasi, untuk lagu Mission Refpossible, pasukan Indonesia menerjang helikopter dengan anjing polisi untuk melakukan operasi penyelamatan sandera yang dipentaskan. Salah satu anjing melompat melalui jendela untuk “menyerang” salah satu pria bersenjata tersebut.
“Seperti yang bisa Anda lihat, anjing-anjing menggigit teroris,” narator tersebut menyimpulkan.

Mattis tampak menikmati demonstrasi tersebut, yang datang pada akhir kunjungan tiga hari ke Indonesia, dan berbicara tentang bagaimana pasukan Indonesia cerdas untuk memakai ular sebelum mencoba menanganinya. “Ular itu! Apakah Anda melihat mereka membuat mereka lelah dan kemudian meraihnya? Cara mereka mencambuk mereka – seekor ular menjadi sangat cepat lelah, “katanya kepada wartawan saat ia terbang ke Vietnam.

Pada hari Minggu, Mattis meninggalkan A.S. untuk memulai tur selama seminggu di Asia Tenggara. Setelah meninggalkan Indonesia, perhentian Mattis selanjutnya adalah Vietnam. Kedua negara dalam daftar tur Mattis baru-baru ini mengembangkan militer mereka untuk mundur melawan klaim teritorial China. Mattis meluncurkan Strategi Pertahanan Nasional pada hari Jumat, yang mengarahkan Pentagon untuk berfokus pada “memulihkan keunggulan kompetitif militer Amerika untuk mencegah Rusia dan China.” Menurut Diplomat, Indonesia dan Vietnam adalah dua negara yang akan memainkan peran penting dalam rencana Washington untuk membangun”.