BISAKAH DIET KETO MENURUNKAN BERAT BADAN?

0
104

Bisakah Diet Keto Menurunkan Berat Badan?

Aku lagi ga makan nasi nih, lagi cobain diet keto biar bisa kurusan.Merasa tidak asing bukan mendengar kalimat diatas. Diet keto saat ini sedang menjadi semacam trend ditengah masyarakat karena diyakini dapat menurunkan berat badan. Menghindari makanan mengandung karbohidrat seperti nasi adalah salah satu aturan diet keto. Mari cari tahu lebih dalam tentang diet keto.


Keto atau ketosis merupakan proses pemecahan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Pemecahan lemak dilakukan oleh tubuh karena kurangnya asupan karbohidrat. Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat seperti nasi, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, namun meningkatkan asupan makanan yang mengandung protein dan lemak. Rendahnya asupan karbohidrat bertujuan untuk dapat menurunkan berat badan, selain itu diet rendah karbohidrat dapat menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2 dan penyakit metabolik lainnya.

Mengapa Harus Menghindari Karbohidrat?
Seperti diketahui bahwa diet keto adalah diet dengan mengurangi asupan karbohidrat. Dimana karbohidrat adalah jenis makronutrien yang mengandung kalori dan dapat ditemukan dalam banyak jenis makanan dan minuman.
Sumber umum karbohidrat alamiĀ adalah:

  • Biji-bijian
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Susu
  • Kacang-kacangan

Karbohidrat juga ditambahkan ke produk makanan olahan dalam bentuk gula atau tepung. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat olahan adalah roti, pasta, kue, permen, soda dan minuman manis lainnya.
Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber bahan bakar utama. Karbohidrat komplek atau pati akan dipecah menjadi gula sederhana pada proses pencernaan. Lalu mereka akan diserap ke dalam aliran darah, yang umumnya disebut dengan gula darah. Secara umum karbohidrat kompleks alami dicerna lebih lambat dan hanya memberikan sedikit pengaruh pada gula darah.
Kelebihan gula darah didalam tubuh akan diubah menjadi lemak. Melakukan diet keto diharapkan tubuh akan membakar lemak yang tersimpan sehingga dapat menurunkan berat badan.

Jenis Asupan Makanan yang Harus Dihindari
Terdapat enam golongan makanan dan nutrisi yang harus dihindari pada diet keto:

  • Gula: minuman ringan, jus buah, permen, es krim dan produk lain yang ditambahkan gula didalamnya
  • Biji-biji olahan: gandum, beras, roti, sereal, dan pasta
  • Produk rendah lemak: susu, sereal, biscuit yang memiliki label rendah lemak namun mengandung tinggi gula
  • Makanan olahan
  • Sayuran yang mengandung tepung

Jenis Asupan Makan yang Dianjurkan pada Diet Keto
Pada diet keto dianjurkan memilih makanan yang alami dan rendah karbohidrat:

  • Daging: sapi, domba, ayam, babi
  • Ikan: ikan laut
  • Telur
  • Sayuran: bayam, brokoli, kembang kol, wortel
  • Buah: apel, jeruk, pir , blueberry dan stroberi
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian: almond, kwaci
  • Susu tinggi lemak: keju, mentega, yogurt
  • Lemak dan minyak: minyak kelapa, minyak zaitun, lemak babi dan minyak ikan

Pada orang yang sehat dan dalam rentang berat badan ideal maka dapat mengkonsumsi beberapa karbohidrat seperti kentang, ketela, nasi merah, oats, dan coklat dengan kandungan 70% kokoa. Minuman yang tetap dikonsumsi seperti kopi, teh, air putih dan minuman kemasan yang tidak mengandung gula.

Tujuan Diet Keto
Tujuan dilakukan diet keto adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Hasil yang diharapkan dengan melakukan diet keto adalah:

  • Mencapai berat badan ideal
    Mengurangi asupan karbohidrat dapat memberikan keuntungan penurunan berat badan dari pada jika mengurangi asupan lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berat badan dpaat dikurangi karena konsumsi protein dan lemak dapat membuat rasa kenyang lebih lama.
  • Kesehatan tubuh meningkat
    Mengurangi asupan karbohidrat dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi kesehatan yang serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Hamper semua diet yang bertujuan mengurangi berat badan berlebih dapat mengurangi faktor resiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dan trigliserida, namun pemilihan jenis protein juga dapat mempengaruhinya. Konsumsi protein tanpa lemak dan lemak sehat dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Adakah Efek Samping Diet Keto?
Penurunan asupan karbohidrat secara tiba-tiba dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan seperti sakit kepala, bau nafas kurang sedap, lemas, kram otot, mudah lelah, ruam, sembelit atau diare. Mengurangi asupan karbohidrat dapat menurunkan juga asupan nutrisi dalam jangka panjang yang dapat mengakibatkan kekurangan vitamin atau mineral yang dibutuhkan tubuh. Diet keto tidak disarankan bagi remaja atau anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Jika anda memiliki kondisi kesehatan tertentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan diet keto. Hal ini bertujuan agar dampak buruk atau efek samping tidak terjadi.