Persyaratan Untuk Ekstradisi Resmi Huawei ke AS Telah Dipenuhi, Kata Kanada

0
462

Jaksa Agung Kanada mengatakan persyaratan untuk mengekstradisi Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou ke Amerika Serikat atas tuduhan penipuan bank telah dipenuhi, dokumen-dokumen yang diserahkan dalam acara pengadilan British Columbia.

Meng, 48, ditangkap pada Desember 2018 dengan surat perintah dari Amerika Serikat, yang menuduhnya menyesatkan bank HSBC tentang transaksi bisnis Huawei di Iran.

Meng telah menjadi tahanan rumah di Vancouver sejak itu, berjuang ekstradisi, dan mengatakan dia tidak bersalah. Kasusnya menyebabkan perselisihan diplomatik antara Kanada dan China, yang menuntut agar Meng dibebaskan. Tiongkok menahan dua orang Kanada setelah penangkapan Meng.

Dokumen-dokumen, yang diajukan minggu lalu dan dirilis ke media Jumat, adalah pendahulu untuk sidang resmi tentang komitmen, atau apakah Meng harus diekstradisi ke Amerika Serikat. Dengar pendapat itu akan berlangsung pada April 2021.

Dokumen-dokumen menguraikan bukti untuk mendukung tahanan Meng dan menyimpulkan bahwa tes untuk komitmen telah dipenuhi.

Penilaian potensi biaya

Sidang ekstradisi bukanlah persidangan penuh atas tuduhan yang diajukan oleh Amerika Serikat, dokumen menyatakan, hanya apakah ada potensi untuk tuduhan itu dapat dianggap sah.

“Bukti-bukti menunjukkan bahwa Meng sengaja membuat pernyataan yang tidak jujur ​​kepada HSBC dalam upaya untuk menjaga hubungan Huawei dengan bank,” pengacara untuk Menteri Kehakiman dan Jaksa Agung Kanada David Lametti menulis.

“Karena Meng mengakui bahwa dia adalah orang yang dicari untuk penuntutan atas tindakan yang ditetapkan dalam permintaan ekstradisi, semua persyaratan formal untuk komitmen ditetapkan.”

Huawei menolak untuk berkomentar dan sebagai gantinya menunjuk pengajuan hukum masa lalu pada argumennya.

Pada bulan Mei, seorang hakim di Pengadilan Tinggi British Columbia menemukan bahwa standar hukum kriminalitas ganda – yang berarti bahwa tindakan Meng dapat dianggap sebagai kejahatan di Kanada dan Amerika Serikat – telah dipenuhi, menghadapi pukulan terhadap harapan untuk segera berakhir. percobaan.

Sidang berikutnya, yang dijadwalkan pada 17-21 Agustus di Vancouver, akan membahas apakah pernyataan jaksa agung tentang hak istimewa dalam menolak untuk mengeluarkan beberapa dokumen yang diminta oleh Huawei terkait dengan penangkapan awal Meng adalah sah.

Persidangan untuk persidangan dijadwalkan akan berakhir pada bulan April 2021, meskipun potensi untuk naik banding atas keputusan dari kedua belah pihak berarti kasus ini dapat menarik selama beberapa tahun.