Panel Kongres AS Menemukan Big Tech Menyalahgunakan Kekuatan, Merekomendasikan Perubahan

0
579

Panel Dewan Perwakilan Rakyat AS yang menyelidiki penyalahgunaan kekuatan pasar oleh empat perusahaan teknologi terbesar menemukan bahwa mereka menggunakan “akuisisi mematikan” untuk memukul saingan, mengenakan biaya selangit, dan memaksa bisnis kecil melakukan kontrak “menindas” atas nama keuntungan.

Panel tersebut, subkomite antitrust dari Judiciary Committee, merekomendasikan bahwa Google, Apple Inc., Amazon.com, dan Facebook Alphabet Inc. tidak boleh mengontrol dan bersaing dalam aktivitas bisnis terkait, tetapi berhenti mengatakan bahwa mereka harus dibubarkan.

Laporan setebal 449 halaman itu menggambarkan lusinan contoh di mana perusahaan menyalahgunakan kekuasaan mereka, mengungkapkan budaya perusahaan yang tampaknya bertekad untuk melakukan apa yang mereka bisa untuk mempertahankan dominasi atas sebagian besar internet.

“Sederhananya, perusahaan yang pernah berkelahi, startup yang tidak diunggulkan yang menantang status quo telah menjadi jenis monopoli yang terakhir kita lihat di era baron minyak dan taipan kereta api,” kata laporan itu.

Facebook, Apple dan Google belum memberikan komentar segera.

Untuk mengantisipasi laporan tersebut, Amazon memperingatkan dalam sebuah posting blog Selasa terhadap “gagasan pinggiran antitrust” dan intervensi pasar yang “akan membunuh pengecer independen dan menghukum konsumen dengan memaksa usaha kecil keluar dari toko online populer, menaikkan harga dan mengurangi pilihan konsumen. ”

Setelah lebih dari satu tahun penyelidikan yang melibatkan 1,3 juta dokumen dan lebih dari 300 wawancara, komite yang dipimpin oleh Anggota Kongres Demokrat David Cicilline menemukan bahwa perusahaan menjalankan pasar tempat mereka juga bersaing, menciptakan “posisi yang memungkinkan mereka untuk menulis satu set aturan untuk orang lain. , sementara mereka bermain dengan yang lain. ”

Datang hanya beberapa minggu sebelum pemilihan presiden 3 November, isi laporan menjadi semakin politis, sebuah kesempatan bagi Partai Republik dan Demokrat untuk meningkatkan kredibilitas mereka dalam perjuangan melawan dominasi pasar oleh perusahaan teknologi besar.

Meskipun demikian, Kongres kemungkinan tidak akan menindaklanjuti temuan tersebut tahun ini.

Pada akhirnya, laporan tersebut mencerminkan pandangan mayoritas Demokrat di DPR, dan dua laporan lainnya diharapkan akan ditulis oleh anggota Republik di panel, dua sumber mengatakan kepada Reuters pada hari sebelumnya.

Rekomendasi

Panel merekomendasikan perusahaan untuk dilarang beroperasi dalam bisnis yang terkait erat. Meskipun mereka tidak menyebutkan satu pun perusahaan, rekomendasi ini akan menyarankan bahwa Google, yang menjalankan lelang untuk ruang iklan online dan berpartisipasi dalam lelang tersebut, berpotensi diminta untuk memisahkan secara jelas, atau bahkan tidak mengoperasikan, kedua bisnis tersebut.

Laporan tersebut mendesak Kongres untuk mengizinkan penegak antitrust lebih banyak kelonggaran dalam menghentikan perusahaan dari membeli saingan potensial, sesuatu yang sekarang sulit.

Akuisisi Facebook atas Instagram pada tahun 2012 adalah contohnya. Instagram pada saat itu kecil dan tidak signifikan, tetapi CEO Facebook Mark Zuckerberg melihat potensinya dan mencatat bahwa itu “membangun jaringan yang kompetitif dengan milik kita sendiri” dan “bisa sangat mengganggu kita,” kata laporan itu.

Sebagai bagian dari laporan tersebut, staf panitia menyusun menu perubahan potensial dalam undang-undang antitrust. Saran tersebut berkisar dari agresif, seperti perusahaan yang berpotensi melarang seperti Amazon.com untuk mengoperasikan pasar di mana ia juga bersaing, hingga yang tidak terlalu kontroversial, seperti meningkatkan anggaran lembaga yang menegakkan undang-undang antitrust: Divisi Antitrust Departemen Kehakiman dan Komisi Perdagangan Federal.